Product Updates

5 Tips Transaksi Online yang Aman untuk Usaha Anda!

Team Xfers
January 7, 2022

Transaksi online di Indonesia tercatat semakin meningkat setiap tahunnya. Apalagi menjelang akhir tahun seperti sekarang ini. Mengutip data Bank Indonesia, hingga Oktober 2021, transaksi uang elektronik tumbuh 55,54% year on year (yoy) menjadi Rp 29,23 triliun. Tak hanya transaksi uang elektronik, transaksi digital banking juga naik meningkat 63,31% yoy menjadi Rp 3.910,25 triliun.


Hal itu terjadi karena maraknya belanja online terutama semenjak ada pandemi COVID-19. Lalu dibarengi pula dengan semakin mudahnya sistem pembayaran digital dan akselerasi digital banking belakangan ini. Masyarakat jadi tak ragu untuk beralih dari transaksi tunai ke transaksi online.


Sebelum itu, Visa telah menerbitkan temuan serupa. Berdasarkan dari studi Visa Consumer Payment Attitudes, telah terjadi pertumbuhan konsumen menjadi lebih melek digital dan pergeseran cara pembayaran di kawasan Asia Tenggara. 


Menurut studi tersebut, pandemi COVID-19 dapat mempercepat terwujudnya masyarakat non tunai atau cashless society. Di Indonesia sendiri diyakini akan tercipta cashless society pada 2026, lebih cepat 4 tahun dari estimasi sebelumnya yakni pada 2030.


Lantaran, bila dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, proporsi konsumen yang beralih ke sistem cashless lebih tinggi yakni hingga sebanyak 6 dari 10 konsumen. Melihat data-data tersebut pelaku bisnis harusnya sudah bersiap diri dari sekarang. Bila keukeuh tidak mau ikut bertransformasi, ya siap-siap saja ditinggalkan konsumen.


Selain soal mengikuti perkembangan zaman, apa sih keuntungan transaksi online buat para pelaku bisnis? Ini penjelasannya!

Keuntungan transaksi online buat pelaku bisnis

  1. Memberikan rasa aman bagi konsumen 


Salah satu pemicu terbesar peralihan masyarakat dari transaksi tunai ke transaksi online adalah karena pandemi COVID-19. Semenjak ada wabah tersebut, masyarakat lebih aware terhadap kesehatan masing-masing. Untuk itu, transaksi online dianggap lebih aman ketimbang masih mempertahankan tradisi transaksi tunai. Sebab, transaksi online lebih mengurangi kontak fisik dengan orang lain.


Selain karena alasan kesehatan, transaksi online dianggap lebih bisa mencegah kecurangan atau penipuan ketimbang tunai karena sistemnya transparan dan biasanya dana yang dikirim tidak langsung sampai ke penjual. Kalau konsumen merasa barang yang diterimanya sudah sesuai dengan yang dibeli, maka konsumen bisa melakukan konfirmasi dam dana pun baru sampai ke penjual.


Nah, buat pelaku bisnis yang sudah memiliki sistem pembayaran online apalagi terbukti kredibilitasnya (dari review pembeli lain misalnya) tentu akan lebih dipilih konsumen baru. Tak hanya itu, konsumen lama juga bakal betah dan jadi langganan dengan toko online Anda bila memiliki sistem pembayaran online yang terpercaya.


  1. Sistem pembayaran yang praktis


Transaksi online tak hanya praktis buat konsumen, tapi berlaku juga buat pemilik usaha, lho! Sebab, fitur pembayaran transaksi online biasanya memungkinkan proses verifikasi pembayarannya instan.


Bagi konsumen, mereka tidak perlu lagi mengirimkan struk bukti pembayaran secara manual. Sedangkan, bagi pemilik bisnis juga tidak perlu lagi mencatat secara manual. Jadi bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan seperti salah memasukkan data pembeli atau hilang bukti akibat file yang rusak dan lain sebagainya. 

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas


Kehadiran transaksi online dalam sistem pembayaran bisnis Anda memberi peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Anda bisa memasarkan produk atau jasa Anda ke siapapun yang bisa mengakses internet dari daerah mana saja bahkan seluruh dunia.


Namun, Anda juga harus memastikan bahwa bisnis Anda menyediakan berbagai pilihan ekspedisi yang menjangkau daerah bahkan negara-negara tersebut. 

Tips transaksi online yang aman bagi pemilik usaha: 

  1. Hadirkan kualitas produk dan layanan yang baik

Kualitas produk dan layanan juga penting untuk selalu diperhatikan agar customer tak ragu untuk melakukan transaksi online di toko Anda. Selain itu, hadirkan deskripsi yang lengkap tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan dan jangan malas menjawab setiap pertanyaan pelanggan.

  1. Ketahui profil pelanggan 

Ada baiknya buat buyer persona sebelum memasarkan produk dan jasa Anda. Tujuannya agar Anda bisa merancang strategi yang tepat sasaran. Selain itu, hal ini penting untuk menghindari toko Anda dari potensi penipuan dari pelanggan palsu.

  1. Pilih marketplace terpercaya

Hal penting lainnya yang tak boleh disepelekan adalah soal pemilihan marketplace. Pilihlah marketplace yang terpercaya atau memiliki reputasi yang baik. Selain itu, marketplace yang memiliki banyak pelanggan tetap juga patut dilirik. Dari sana Anda bisa dapat kesempatan menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, dan biasanya marketplace semacam ini punya sistem keamanan bertransaksi yang lebih terjaga.

  1. Gunakan jasa kurir yang punya layanan terbaik

Selain marketplace, jasa kurir juga menentukan kesuksesan bisnis Anda. Salah pilih jasa kurir tidak hanya membuat Anda kehilangan kepercayaan pelanggan, Anda juga bisa dibuat rugi berkali-kali lipat. Lantaran, ancaman penipuan juga bisa datang dari kurir yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, gunakanlah kurir resmi dan punya reputasi layanan yang terpercaya.

  1. Gunakan Xfers sebagai payment solution yang aman

Terakhir soal pemilihan layanan payment solution. Untuk diketahui, payment solution adalah suatu cara pembayaran yang mampu membantu para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi secara daring. 


Layanan ini lebih menjadi keamanan saat terjadi transaksi online, karena dana yang dikirim atau diterima dari pelanggan akan ditahan sampai transaksi berhasil. Model ini di satu sisi terdengar lebih bermanfaat buat pelanggan ya, tapi sebenarnya bermanfaat juga buat penjual.


Sebab, penjual tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari berbagai bank untuk menerima dana dari pelanggan. Anda cukup punya 1 rekening saja, dana dari berbagai bank atau e-wallet bisa diterima dengan aman.


Bagi Anda pemilik usaha yang ingin meningkatkan keamanan bertransaksi online dengan menggunakan payment gateway, Xfers dapat menjadi pilihan yang tepat. Lebih lanjut seputar Xfers bisa dicek di sini


Ready to get started?
Onboard your business with us today!