Product Updates

Apa Itu Sistem Pre-Order dalam Bisnis? Pahami Selengkapnya di Sini!

Team Xfers
April 15, 2022

Saat ini, metode bisnis semakin mengalami perkembangan, terutama setelah berkembangnya dunia digital dan media sosial. Terbukti, media sosial sangat membantu perkembangan sebuah bisnis karena dapat memudahkan pihak pelaku bisnis maupun customer yang akan membeli jasa dan produk yang ditawarkan. Salah satu metode bisnis yang mulai banyak digunakan saat ini adalah sistem pre-order atau yang sering disingkat menjadi PO.

Melalui sistem pre-order, merintis bisnis bisa lebih mudah dan tidak perlu memusingkan modal serta menekan risiko kerugian, lho. Kok bisa? Mari pahami lebih dalam tentang sistem pre-order berikut ini!

Apa Itu Sistem Pre-Order dalam Bisnis?

Pre-order merupakan sistem bisnis yang dilakukan dengan menjual produk kepada customer, sebelum produk tersebut tersedia secara nyata. Aktivitas jual beli yang terjadi dengan sistem pre-order adalah customer memesan produk yang dijual dengan melakukan pembayaran di awal.

Selanjutnya, penjual akan memberikan informasi terkait estimasi waktu sampai produk tersebut siap dikirimkan kepada customer. Dengan kata lain, setelah melakukan pembayaran, customer tidak langsung mendapatkan produk tersebut, sebab harus menunggu proses pembuatan dan pengirimannya.

Keuntungan Bisnis yang Menggunakan Sistem Pre-Order

Bagi banyak pebisnis, sistem pre-order dinilai sangat menguntungkan karena dapat mengurangi risiko kerugian serta pengeluaran modal yang tidak sesuai di awal. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan sistem pre-order saat berbisnis:

  1. Menarik perhatian customer

Keuntungan pertama penggunaan sistem ini adalah dapat menarik perhatian customer. Produk yang dijual dengan sistem pre-order memiliki kesan eksklusif dan terbatas karena pembeliannya hanya berlaku dalam waktu yang sudah ditentukan. Secara tidak langsung, hal ini dapat menarik rasa penasaran customer terhadap produk yang dijual, sehingga mereka akhirnya mengikuti pre-order tersebut.

Selain itu, customer pun bisa lebih tertarik karena barang yang disediakan seringkali terdiri dari banyak varian. Bahkan, beberapa bisnis juga membuka opsi custom atau produk yang dibuat berdasarkan keinginan customer. Oleh karena itu, customer dibebaskan untuk menyesuaikan dengan keinginannya.

  1. Menjaga stok barang agar stabil

Keuntungan selanjutnya dari sistem pre-order adalah dapat menjaga stok barang agar tetap stabil. Artinya, tidak ada kekurangan atau kelebihan stok karena produk hanya akan dibuat sesuai jumlah pesanan customer. Sistem pre-order membuat produk yang Anda sediakan bisa laku seluruhnya karena sejak awal sudah tercatat dengan jelas jumlah produk yang dibutuhkan.

  1. Mencatat pendapatan yang stabil

Dengan stok yang stabil dan jumlah penjualan yang sudah tercatat jelas dari awal, hal ini tentu akan membantu pencatatan keuangan bisnis. Kerugian karena barang yang tidak terjual bisa ditekan dengan sangat baik, sehingga tidak ada kerugian yang dirasakan pebisnis karena barang yang tidak laku terjual.

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Akan Melakukan Pre-Order

Sebelum melakukan sistem pre-order dalam bisnis, Anda harus memastikan dan mempersiapkan hal-hal di bawah ini agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerugian.

  1. Pastikan produk berkualitas

Anda harus memastikan produk yang dijual memang berkualitas karena customer sudah menunggu datangnya produk tersebut. Sistem ini juga menganut pembayaran di muka, sehingga mungkin saja produk tidak sesuai dengan ekspektasi customer. Selain dari proses produksi, pastikan juga Anda menggunakan bahan baku yang berkualitas, sehingga penting bagi Anda untuk memilih supplier barang yang sudah terjamin kualitasnya.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan secara teliti bahwa kualitas produk yang dijual memang bagus dan sesuai dengan keinginan customer, agar mereka tidak kecewa dan loyal terhadap bisnis yang Anda jalankan.

  1. Memiliki sumber daya yang cukup

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa bisnis Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi seluruh pemesanan produk. Mulai dari supplier hingga tenaga kerja yang membantu Anda sepanjang berjalannya produksi hingga pengiriman. Jangan sampai Anda kewalahan dan tidak bisa menyediakan produk yang berkualitas karena kurang sumber daya untuk memenuhi pesanan tersebut. Hal ini nantinya juga akan memengaruhi kepuasan customer terhadap bisnis Anda.

  1. Tentukan jadwal dan kuota pre-order

Selanjutnya, Anda harus menentukan jadwal pre-order agar produk bisa terjual. Cari waktu yang dirasa tepat dan memiliki potensi pembelian banyak. Misalnya, Anda adalah seorang pelaku bisnis kue kering. Jual produk-produk Anda saat mendekati momen Ramadan atau Natal. Menetapkan strategi yang tepat juga akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda. Selain jadwal, pastikan juga Anda telah menetapkan kuota pre-order ya, agar tidak mengalami pemesanan berlebih dan membuat Anda kewalahan sehingga produk yang dihasilkan pun tidak maksimal.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai sistem pre-order untuk bisnis. Selain memberi banyak keuntungan bagi customer, sistem pre-order juga dapat meminimalisir kerugian Anda saat produk tidak laku terjual. Namun, dalam mempersiapkan PO, penggunaan payment solution seperti Xfers juga penting untuk kemudahan pembayaran transaksi. Anda sebagai pelaku bisnis pasti tidak ingin kan, kegiatan PO terhambat dikarenakan para customer mengalami kesulitan di tahap pembayaran?

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan Xfers sebagai penyedia payment solution yang dapat menerima pembayaran dari berbagai sumber. Selain itu, customer Anda juga bebas transfer tanpa maksimum jumlah pengiriman. Jadi, tunggu apa lagi? Lakukan pre-order lebih mudah dengan mendaftarkan bisnis Anda di Xfers sekarang!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!