Product Updates

Begini Cara Melakukan Pembayaran Toko Online di Indomaret!

Team Xfers
January 10, 2022

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, segala transaksi bisa dilakukan secara online, cukup lewat telepon genggam saja. Akan tetapi, masih ada orang-orang yang belum sepenuhnya mengerti cara kerja transaksi online tersebut. Oleh karena itu, membayar transaksi online di gerai minimarket seperti Indomaret bisa jadi alternatif.


Jenis transaksi online yang diterima di Indomaret kini juga sudah beragam. Tidak hanya untuk membayar tagihan belanja online saja, Indomaret juga menerima pembayaran tagihan listrik dan air, pembelian tiket transportasi dan akomodasi, dan lain sebagainya. Meski begitu, pembayaran di Indomaret tidak hanya memberikan keuntungan bagi pelanggan saja, tetapi juga bagi para pelaku bisnis, lho. Penasaran? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya!

Keuntungan bayar tagihan belanja online di Indomaret

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa dirasakan dengan pembayaran di Indomaret, baik bagi pemilik toko online maupun bagi pelanggan. Adapun keuntungan bagi pemilik toko online di antaranya:


  1. Membantu pelanggan toko online Anda yang resource pembayarannya terbatas

Pemilik toko online juga perlu mempertimbangkan opsi pembayaran tunai lewat gerai minimarket seperti Indomaret. Bukan tanpa alasan, gerai semacam ini kini sudah banyak bertebaran di tengah-tengah masyarakat.


Tak bisa dipungkiri pula, masih ada masyarakat yang belum melek digital seperti tidak punya bank, dompet digital, dan lainnya. Oleh karena itu, hal ini seharusnya bisa dilihat sebagai peluang. Pemilik toko online bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi. Sehingga, tak terbatas kepada mereka-mereka yang sudah melek digital saja


  1. Pembayaran menjadi lebih praktis dan disesuaikan dengan pelanggan

Bagi pelanggan yang tidak punya rekening atau saldo tidak mencukupi atau belum melek digital, alternatif membayar ke Indomaret untuk sangat praktis. Tentunya, hal ini juga akan membuat pembayaran menjadi lebih mudah dan terintegrasi langsung dengan toko online


Selain itu, hal yang memudahkan pelanggan seperti ini diyakini bisa membuat mereka betah untuk belanja lagi bahkan menjadi langganan. Bagi pemilik toko online, menjaga pelanggan untuk terus berbelanja sangatlah penting. Sebab, pelanggan yang loyal adalah salah satu kunci kesuksesan suatu bisnis.


  1. Notifikasi pembayaran akan dikirim langsung ke pemilik toko online

Pemilik toko online juga bisa menikmati transparansi yang sama dengan metode cashless lainnya. Sebab, notifikasi pembayaran bakal segera masuk begitu pelanggan membayar tagihan belanja online-nya di Indomaret. Lalu, metode pembayaran ini juga dinilai lebih praktis sebab pemilik toko online tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran kepada pelanggan.


Sementara itu, terdapat beberapa keuntungan metode pembayaran ini juga bagi para pelanggan yaitu:


  1. Memberikan alternatif pembayaran yang lebih banyak


Bagi beberapa pelanggan bahkan yang sudah melek digital sekalipun, terkadang masih memerlukan alternatif pembayaran tunai seperti ke gerai Indomaret. Biasanya, pelanggan mengalami kehabisan saldo atau bisa saja memang sedang berbelanja di Indomaret dan terpikiruntuk membayar tagihan belanjanya di Indomaret.


Adanya alternatif pembayaran di Indomaret semacam ini tentu sangat membantu pelanggan terutama di saat-saat tertentu seperti kondisi di atas. 


  1. Terjamin keamanannya


Mode pembayaran belanja online ke gerai minimarket resmi semacam ini juga terbukti aman. Sebab, kasir yang bertugas menerima pembayaran dari pelanggan senantiasa diawasi oleh CCTV di Indomaret. Selain itu, proses transaksi akan berjalan otomatis setelah uang diterima oleh kasir yang dilengkapi dengan sistem yang sudah terjamin keamanannya, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir.


  1. Meningkatkan efisiensi


Untuk pelanggan yang malas mengisi formulir hingga konfirmasi pembayaran, alternatif ke Indomaret bisa jadi pilihan. Lantaran, pelanggan cukup datang saja ke minimarket, lalu bayar tagihan sesuai dengan kode yang diberikan pihak toko online. Proses pembayaran pun otomatis selesai tanpa harus repot dan menghabiskan banyak waktu.

Cara melakukan pembayaran di Indomaret:

Lalu, bagaimana cara pelanggan melakukan pembayaran tagihan belanja online-nya di Indomaret? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sebelum melakukan pembayaran tagihan belanja, pastikan pada platform e-commerce atau website toko online tersebut memiliki opsi pembayaran di Indomaret 
  2. Pilih opsi pembayaran tunai (cash-in)
  3. Pilih metode pembayaran gerai retail, dalam hal ini di Indomaret
  4. Akan muncul kode pembayaran dan nominal yang harus dibayarkan di kasir Indomaret
  5. Kunjungi gerai Indomaret terdekat
  6. Lakukan pembayaran ke kasir dengan menyebutkan kode pembayaran dan nominal yang harus dibayar yang diperoleh dari transaksi toko online
  7. Kasir akan melakukan validasi, jika berhasil maka pelanggan bisa langsung memberikan sejumlah uang tunai ke kasir
  8. Pelanggan akan melihat status transaksi berhasil, baik di platform e-commerce atau website toko online 
  9. Terima dan simpan struk pembayaran
  10. Pembayaran selesai


Bagaimana? Ternyata, pembayaran di Indomaret sangat bermanfaat dan mudah untuk dilakukan, ya. Bagi pemilik toko online atau e-commerce yang ingin menambahkan opsi pembayaran di Indomaret, bisa mendaftarkan toko online Anda ke Xfers. Bahkan, tak hanya dari indomaret, dengan memanfaatkan produk payment solution milik Xfers, pemilik toko online bisa menerima banyak metode pembayaran dari berbagai jenis merchant


Untuk informasi selengkapnya mengenai metode pembayaran yang ditawarkan oleh Xfers dalam membantu memaksimalkan toko online Anda, kunjungi website Xfers sekarang! 


Ready to get started?
Onboard your business with us today!