Product Updates

Begini Cara Membuat Pembayaran ShopeePay untuk Bisnis Anda

Team Xfers
November 16, 2021

Dianggap sangat praktis, e-wallet akhir-akhir ini menjadi pilihan terbaik bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran di segala jenis platform. Salah satu e-wallet yang paling sering digunakan di Indonesia adalah ShopeePay. Penggunaan ShopeePay bukan tanpa alasan, sebab banyak keunggulan serta manfaat bagi pelanggan. Selain itu, cara membuat pembayaran ShopeePay juga cukup mudah, lho! Penasaran? Baca terus artikel ini!

Pembayaran ShopeePay Menguntungkan Pelanggan

Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Salah satu alasannya adalah promo-promo yang diberikan sehingga masyarakat menjadi loyal menggunakan platform ini sebagai ‘arena’ belanja mereka.

Untuk mendapatkan promo terbaik dari Shopee, pelanggan hanya perlu menggunakan metode pembayaran e-wallet ShopeePay. Menariknya, ShopeePay tidak hanya dapat digunakan di platform Shopee, melainkan juga gerai-gerai mitra mereka. Dengan kata lain, ShopeePay dapat digunakan secara online maupun offline.

Tak berhenti sampai di situ, promo yang tersedia juga tetap dapat diaplikasikan sehingga lebih menguntungkan. Di satu sisi, pelanggan mendapatkan harga lebih murah. Di sisi lain, penjual pun memperoleh pendapatan lebih dari banyaknya pesanan.

Cara Kerja Pembayaran ShopeePay

Penggunaan e-wallet ShopeePay cukup mudah, baik untuk online maupun offline. Pembayaran menggunakan ShopeePay di gerai offline biasanya hanya memanfaatkan QR Code yang dapat dipindai dengan aplikasi Shopee. Pengguna kemudian diminta memasukkan jumlah nominal yang harus dibayarkan, memasukkan pin, dan transaksi pun selesai.

ShopeePay untuk pembayaran online juga tak jauh beda. Pada laman pemilihan metode pembayaran, pelanggan dapat memilih ShopeePay. Kemudian, pelanggan akan diarahkan menggunakan deeplink menuju ke laman pembayaran dalam aplikasi Shopee. Pada laman tersebut, pelanggan akan diminta memverifikasi pembayaran dengan memasukkan PIN. Transaksi pun selesai setelah muncul laman notifikasi berhasil. 

Kemudahan Koneksi Bisnis dengan ShopeePay Lewat Xfers

Sebagai penyedia layanan pembayaran yang lengkap, Xfers memungkinkan bisnis Anda untuk terkoneksi dengan ShopeePay. Anda hanya perlu meregistrasikan bisnis Anda dengan mendaftarkan akun atau Sign Up di Xfers. Setelah itu, Anda perlu mengisi identitas dan melengkapi dokumen administrasi terkait.

Jangan khawatir, sebab tim Xfers akan membantu Anda dalam proses registrasi. Selain itu, tidak hanya ShopeePay saja, bisnis Anda juga bisa dihubungkan dengan metode pembayaran lain yang tersedia melalui Xfers.

Alur Pembayaran ShopeePay Lewat Xfers

Setelah berhasil menghubungkan bisnis Anda dengan metode pembayaran ShopeePay lewat Xfers, nantinya alur pembayaran ShopeePay pada bisnis Anda juga tidak serumit yang Anda kira, yaitu:

  1. Setelah pelanggan meminta metode pembayaran ShopeePay, website bisnis Anda akan mengajukan pembayaran ke Xfers yang kemudian diarahkan menuju URL pembayaran Shopee.
  2. Shopee akan mengeluarkan URL untuk melakukan pembayaran yang akan diteruskan oleh Xfers kepada website dan diterima oleh pelanggan. URL yang diberikan kemudian mengarahkan pelanggan menuju ke laman pembayaran Shopee untuk menyelesaikan pembayaran.
  3. Selesai pembayaran dilakukan, pelanggan akan kembali diarahkan ke website bisnis Anda.
  4. Shopee nantinya akan mengirimkan notifikasi kepada Xfers mengenai status pembayaran yang akan diteruskan oleh website ke laman pelanggan untuk menunjukkan bahwa pembayaran telah selesai dan transaksi sukses. 

Perlu diingat bahwa pembayaran menggunakan e-wallet membutuhkan verifikasi langsung dari pelanggan. Dengan kata lain, pelanggan wajib membuka aplikasi e-wallet untuk melakukan pembayaran melalui perangkat mereka. Selain itu, saat ini fitur refund khususnya untuk metode pembayaran e-wallet melalui Xfers masih dalam tahap pengembangan sehingga belum bisa dilakukan secara otomatis.

Memanfaatkan promo bagi pelanggan ShopeePay adalah strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan baik online maupun offline. Pelanggan bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sedangkan penjual mampu meningkatkan jumlah pendapatan per hari. 

Dengan mengetahui cara membuat pembayaran ShopeePay sekaligus mengaplikasikannya ke website bisnis Anda, artinya Anda sedang membawa bisnis Anda naik level sehingga mampu bersaing di era industri 4.0 yang saat ini sedang digaungkan pemerintah. Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk cari tahu lebih banyak tentang pembayaran ShopeePay dan layanan payment solution lainnya dari Xfers!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!