Product Updates

Berikut Cara Agar Transfer Gaji Karyawan Lebih Mudah dan Aman

January 3, 2022

Sistem penggajian atau proses transfer gaji karyawan merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalani bisnis. Sistem penggajian karyawan yang efektif diyakini banyak pakar bisa meningkatkan kinerja karyawan sehingga hasilnya bisnis Anda pun turut diuntungkan. Lantas, bagaimana cara membuat sistem penggajian atau transfer gaji karyawan menjadi efektif, mudah, dan aman?

Simak tips-tipsnya di bawah ini:

Tips membuat transfer gaji karyawan jadi efektif, mudah, dan aman

1. Tentukan Timeline Penggajian yang Konsisten

Siapa sih yang suka menerima gaji telat dari waktu yang sudah disepakati bersama? Tidak ada, bukan? Rata-rata perusahaan sering kehilangan karyawan terbaiknya karena sistem penggajian yang tak konsisten tersebut. Anda tak mau kan mengalami nasib serupa? 

Untuk itu, penting bagi Anda sebagai pemimpin perusahaan untuk menetapkan deadline dalam sistem penggajian. Anda atau siapa saja di perusahaan tersebut bebas menyusun rencana terkait sistem penggajian karyawan tersebut. Asal setelah ditetapkan bisa dijalankan secara konsisten, ya.

2. Punya Rencana Cadangan Finansial 

Selain itu, Anda wajib memiliki rencana cadangan finansial agar sewaktu-waktu perusahaan Anda sedang goyang, transfer gaji ke karyawan tetap bisa dilaksanakan. Rencana cadangan itu harus diperhitungkan sejak awal. Anda harus menghitung dulu kemampuan finansial perusahaan secara menyeluruh, sehingga saat kondisi krisis sekalipun Anda tetap bisa menunaikan kewajiban kepada karyawan.

Tak hanya masalah gaji yang diperhitungkan, Anda juga harus menyiapkan dana agar bisa memberi bonus pada karyawan dengan kontribusi terbaik. Sebab, siklus pekerjaan bukan hanya dinilai dari sebatas menjalani kewajiban saja, namun juga dalam bentuk apresiasi ke semua karyawan.

3. Otomatisasi Sistem Penggajian

Agar sistem penggajian karyawan menjadi lebih efektif dan mudah Anda perlu segera meninggalkan cara-cara konvensional. Sekarang saatnya beralih kepada sistem otomatis dengan memanfaatkan teknologi. Tak hanya membuat transfer gaji karyawan lebih efektif dan aman, metode ini bisa memberi aman bagi keuangan perusahaan.

Lantaran, bisa memberi hasil perhitungan yang akurat dan lebih rinci. Bila tak mau terlalu dipusingkan dengan proses peralihan sistem penggajian manual ke otomatis, ada opsi lebih praktis lagi. Anda bisa melakukannya dengan menjadi klien perusahaan lain atau startup fintech yang menyediakan software khusus terkait sistem penggajian tersebut.

Mempercayai sistem penggajian karyawan dengan software khusus tadi bisa memudahkan proses transfer gaji, bahkan bisa lebih cepat dan lebih tepat. Biasanya software semacam ini bisa juga dimanfaatkan untuk mendata absensi, cuti, pajak, melaporkan PPh hingga kontrak semua karyawan. Bonusnya, data-data yang tersimpan jadi lebih mudah diakses kapan saja.

Proses Pendaftaran Sistem Penggajian di Xfers

Salah satu perusahaan payment solution  yang menyediakan layanan sistem penggajian otomatis yang bisa Anda pilih adalah Xfers. Adapun layanan otomatisasi sistem penggajian yang Xfers punya adalah Xfers Dash.

Dengan Xfers Dash, Anda bisa dengan cepat dan mudah untuk mengirim dana alias gaji hingga ke 100 penerima. Anda tidak perlu melakukan integrasi API lagi, cukup kirim dana langsung dari dasbor Xfers melalui formulir atau secara massal melalui unggahan CSV. Keunggulan lainnya, Anda bisa melihat status dan riwayat hingga ekspor riwayat transaksi sebagai CSV hanya dari tampilan dasbor Xfers Dash. 

Bagaimana cara kerjanya?

Ada 2 metode yang dapat digunakan untuk melakukan transfer gaji karyawan dengan Xfers Dash:

‍1. Menambahkan penerima secara manual melalui formulir

Metode ini cocok bila Anda ingin melakukan transfer gaji ke beberapa penerima saja. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu masuk menuju ke dasbor Xfers Dash dan ikuti instruksi untuk menambahkan detail penerima. Gampang, kan?

2. Menambahkan penerima secara massal dengan mengunggah CSV

Sedangkan, metode satu ini cocok bila Anda ingin mentransfer gaji ke banyak penerima. Tak hanya karyawan, Anda bisa menambahkan pihak lain seperti vendor atau supplier. Anda hanya perlu menyiapkan daftar penerima tujuan pengiriman uang melalui CSV dan unggah file CSV. Xfers Dash akan secara otomatis mengisi daftar penerima ke dasbornya agar Anda dapat melakukan transfer massal dalam beberapa menit saja. 


Bagaimana, sudah siap beralih ke sistem penggajian otomatis ketika transfer gaji karyawan? Yuk, kunjungi www.xfers.com untuk informasi selengkapnya!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!