Product Updates

Berikut Ragam Jenis Pembayaran Non Tunai serta Manfaatnya

Team Xfers
March 1, 2022

Saat ini, pembayaran tunai bukan lagi menjadi alat pembayaran utama. Orang mulai berbondong-bondong beralih pada pembayaran non tunai karena dirasa lebih praktis dan aman. Fenomena ini juga berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sehingga memungkinkan berbagai pembayaran dilakukan tanpa perlu pergi ke bank atau ATM terdekat.

Bank Indonesia mencatat bahwa transaksi non tunai pada 2019 mencapai Rp128 triliun, mengalami peningkatan lima kali lipat dari 2014 yang hanya Rp3,3 triliun. Hal itu cukup membuktikan bahwa pembayaran non tunai memang diminati oleh masyarakat. Selain itu, digitalisasi juga cukup memberikan dampak pada pemahaman masyarakat mengenai berbagai macam metode pembayaran non tunai.

Ragam Metode Pembayaran Non Tunai yang PopulerĀ 

Sesuai namanya, pembayaran non tunai adalah sistem pembayaran yang berlangsung tanpa uang tunai seperti uang kertas atau koin, melainkan menggunakan uang non tunai. Nah, di Indonesia, ada sejumlah metode pembayaran non tunai yang sering digunakan oleh masyarakat, yaitu:

  1. Kartu Debit

Kartu debit merupakan salah satu metode pembayaran yang menggunakan saldo rekening tabungan sebagai alat pembayaran. Jika ingin menggunakan metode ini, Anda harus memiliki rekening dan saldo tabungan di salah satu bank.

  1. Kartu Kredit

Kartu kredit adalah metode pembayaran yang disediakan oleh bank dengan sistem utang. Berbeda dari kartu debit yang memangkas saldo tabungan Anda, pembayaran menggunakan metode ini akan ditagih setiap akhir periode.

  1. e-Money

e-Money atau uang elektronik saat ini cukup menjadi tren pembayaran yang disenangi oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kepraktisan yang ditawarkan, cukup denganmembawa handphone saja, Anda sudah bisa menyelesaikan transaksi pembayaran.

  1. Cek

Cek merupakan metode pembayaran non tunai berbasis kertas yang telah mendapat verifikasi dari Bank Indonesia. Metode ini dapat digunakan dengan cara menuliskan besaran nominal pada kertas cek dan mencairkan uang tersebut di bank sesuai dengan nominal yang tertera.

  1. Giro

Sama halnya dengan cek, giro adalah metode pembayaran berbasis kertas. Perbedaannya, giro tidak dapat dicairkan seperti cek, melainkan untuk memindahkan sejumlah uang dari rekening nasabah ke rekening nasabah yang lain.

Manfaat Pembayaran Non Tunai

Metode pembayaran non tunai di atas dipilih oleh sebagian besar masyarakat karena berbagai manfaat yang ditawarkan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut beberapa di antaranya!

1. Lebih efektif dan efisien

Manfaat pertama dari metode pembayaran non tunai bisa dilihat dari segi efektivitas dan kepraktisannya. Orang tidak perlu membawa lembaran uang tunai untuk membayar sesuatu. Hanya perlu mengeluarkan kartu debit atau e-money saja, belanjaan sudah bisa menjadi milik Anda. Proses pembayaran menggunakan metode ini juga terbukti lebih cepat dibandingkan pembayaran tunai, apalagi untuk transaksi yang mencapai puluhan hingga ratusan juta Rupiah.

2. Menekan risiko kejahatan & penipuan

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak tentu memerlukan kehati-hatian yang tinggi. Hal ini juga bisa mengundang berbagai tindak kejahatan dan penipuan. Rasa was-was yang timbul membuat aktivitas menjadi terganggu dan tidak nyaman. Hal inilah yang mulai dihindari oleh masyarakat masa kini.

Masyarakat kini lebih memilih membawa kartu atau handphone yang telah dilengkapi dengan aplikasi e-wallet. Selain tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang luas, kartu dan e-wallet juga lebih aman karena dilengkapi dengan PIN yang hanya diketahui oleh pengguna. Tanpa menyertakan PIN, transaksi pembayaran tidak bisa diproses dan diselesaikan.

3. Bisa mengontrol pengeluaran

Pembayaran non tunai disenangi karena memiliki histori yang memuat seluruh transaksi keuangan dari kartu atau platform tersebut. Riwayat pembayaran ini dapat digunakan untuk memantau pengeluaran yang telah dilakukan selama periode waktu tertentu sesuai keingian pengguna. Ketika dirasa terlalu banyak pengeluaran yang tidak penting, pengguna dapat mengevaluasi dan membuat resolusi baru pada bulan berikutnya, sehingga pengeluaran bisa lebih terkontrol.

4. Adanya keuntungan tambahan dari merchant tertentu

Keuntungan menarik lainnya adalah terdapat promo atau diskon yang biasanya diberikan oleh merchant tertentu. Merchant biasanya telah bekerja sama dengan berbagai penyedia pembayaran non tunai untuk menawarkan diskon guna memikat perhatian pelanggan. Selain dapat menaikkan hasil penjualan merchant, penyedia pembayaran non tunai juga dapat menjalankan marketing lewat kolaborasi tersebut. Keuntungan ini tentu tidak bisa Anda rasakan ketika menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran transaksi.

Pembayaran non tunai menjadi pilihan sebagian besar masyarakat untuk menyelesaikan transaksinya. Hal ini dapat terjadi karena metode tersebut sangat praktis dan aman, apalagi bagi para pemilik bisnis. Untuk mencegah terjadinya kriminalitas, gunakan payment solution yang aman bagi setiap transaksi pembayaran Anda seperti Xfers.

Xfers memiliki 2 layanan payment solution, yaitu Xfers Accept untuk menghubungkan bisnis dengan beragam metode pembayaran non tunai dan Xfers Send sebagai layanan payout yang dapat digunakan bisnis untuk membayar berbagai kebutuhan bisnis secara simultan melalui sebuah dashboard. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan bisnis Anda di Xfers melalui link ini!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!