Product Updates

Ikuti 5 Tips Manajemen Keuangan Berikut Ini untuk Bisnis!

Team Xfers
May 6, 2022

Manajemen keuangan merupakan salah satu faktor penentu kelancaran dan kesuksesan bisnis. Tanpa manajemen keuangan yang tepat, bisnis akan stagnan atau malah merugi. Mengingat keuangan adalah masalah vital, maka arus kas masuk dan keluar harus dikelola dengan tepat. Sebagai pemilik bisnis, mari ketahui tips manajemen keuangan penting demi kelancaran usaha Anda!

Pengertian dan Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Bisnis

Manajemen keuangan adalah proses merencanakan, mengatur, mengawasi, dan mengarahkan aktivitas finansial yang berkaitan dengan bisnis. Jika dulu manajemen keuangan hanya dipahami sebagai proses penggunaan dan alokasi dana secara efisien, maka saat ini pengertiannya lebih luas. Manajemen keuangan juga mencakup bagaimana cara mendapatkan dana, memakai dana, mengelola aset, hingga investasi. Kegiatan ini akan memudahkan pemilik bisnis mengetahui aliran keuangan usaha.

Lantas, mengapa manajemen keuangan menjadi sangat penting untuk diterapkan? 

Jawabannya adalah karena kegiatan ini membantu pemilik usaha mengetahui modal yang sudah dikeluarkan untuk produksi maupun pembelian aset, mengelola kas usaha, efisiensi biaya produksi, hingga perencanaan pajak. Pastinya, dengan menerapkan manajemen keuangan, finansial perusahaan bakal lebih tertata dengan baik. 

5 Tips Manajemen Keuangan untuk Bisnis

Demi kepentingan bisnis yang sudah dibangun dari nol, maka sudah saatnya Anda menerapkan tips manajemen keuangan. Tips manajemen keuangan ini bisa dimulai dengan hal paling sederhana, yakni memisahkan rekening pribadi dan usaha, hingga memanfaatkan payment solution untuk mengetahui arus kas usaha. Lebih lengkapnya, berikut lima tips manajemen keuangan untuk bisnis Anda, yaitu:

  1. Pisahkan uang pribadi dan bisnis

Menggunakan hanya satu rekening untuk keuangan pribadi dan bisnis adalah kesalahan yang sudah saatnya Anda hentikan. Hindari mencampur keuangan pribadi dan bisnis karena hanya akan membuat kondisi keuangan kacau. Mencampur uang bisnis dan pribadi dalam satu rekening akan menyulitkan Anda ketika harus menghitung keuntungan bisnis serta berapa biaya yang sudah dikeluarkan. 

Di sisi lain, ada kemungkinan Anda juga akan memakai uang bisnis untuk keperluan pribadi. Oleh karena itu, buatlah rekening pribadi untuk keperluan sehari-hari, lalu buat rekening lain untuk keuangan perusahaan. 

  1. Buat budgeting

Membuat budgeting atau perencanaan keuangan tak luput dari tips manajemen bisnis yang harus Anda lakukan sekarang juga. Tujuan dari budgeting adalah merencanakan pengeluaran seefisien dan seminimal mungkin dalam jangka waktu tertentu. Budgeting bisa membantu Anda menciptakan batas maksimal pengeluaran untuk bisnis. Adanya budgeting akan membuat pengeluaran biaya bisnis Anda jadi lebih terkendali. 

Misalnya, Anda bisa mulai dengan menyusun rencana anggaran berdasarkan tujuan dan rencana bisnis Anda, dari yang jangka pendek hingga jangka panjang. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan budgeting dengan beberapa kondisi tertentu, sehingga apabila terjadi kondisi darurat yang mengharuskan Anda mengeluarkan sejumlah dana, Anda masih memiliki dana darurat dan petty cash.

  1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Salah satu kesalahan terbesar seorang pemilik bisnis saat menjalankan bisnisnya adalah tidak mencatat pengeluaran produksi dan pemasukan dari penjualan produk. Alhasil, bisnis hanya akan sekadar berjalan tanpa ada evalusi pengeluaran produksi dan pemasukan dari penjualan. Ini tentu berbahaya bagi suatu bisnis karena artinya usaha Anda tidak akan berkembang jika pengeluaran dan pemasukan tidak diketahui. 

Tips manajemen keuangan yang harus mulai diterapkan adalah mencatat total pengeluaran usaha secara keseluruhan, lalu menghitung pendapatan kotor dan keuntungan bersih dari usaha. Setelahnya, lakukan evaluasi demi mendapat keuntungan maksimal.

  1. Periksa arus kas secara rutin

Tips manajemen keuangan berikutnya yang harus diterapkan oleh pemilik bisnis adalah memeriksa arus kas secara rutin. Pemeriksaan rutin arus kas ini berguna untuk memastikan bisnis Anda berjalan lancar sesuai dengan budgeting yang telah ditetapkan. Jangan sampai Anda rugi besar hanya karena luput memeriksa arus kas yang besar pengeluaran daripada pendapatan.

  1. Manfaatkan bantuan payment solution 

Dalam rangka mengawasi arus kas bisnis dan menerapkan manajemen keuangan terbaik, sudah saatnya Anda memanfaatkan bantuan payment solution atau solusi pembayaran. Solusi pembayaran memudahkan bisnis Anda dalam menerima pembayaran, mengingatkan tagihan, hingga mengawasi arus kas. Payment solution bakal membantu Anda mencatat total pendapatan harian bisnis. Catatan ini akan dibuat otomatis, sehingga Anda tinggal menerima laporannya saja. Salah satu payment solution yang terpercaya di Indonesia adalah Xfers.

Tentunya, menerapkan tips manajemen bisnis akan membawa bisnis Anda ke skala yang lebih besar. Mengingat bahwa manajemen bisnis adalah soal pengaturan uang masuk dan keluar, maka menggunakan layanan pembayaran bakal sangat menguntungkan. Karenanya, hubungkan bisnis Anda dengan Xfers Pay, solusi pembayaran dalam satu platform. Mulai dari menerima pembayaran dari pelanggan dengan berbagai macam metode pembayaran, transfer dana bisnis ke pihak ketiga, hingga manajemen arus kas yang intuitif, semua bisa Anda dapatkan lewat layanan Xfers. Yuk, daftarkan bisnis Anda di Xfers sekarang!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!