Product Updates

Ikuti Cara Meningkatkan Penjualan Ini untuk Bisnis Online Anda!

Team Xfers
February 28, 2022

Membangun bisnis online merupakan salah satu cara jitu untuk memperluas target pasar dari bisnis Anda. Jika membuka bisnis secara offline dapat menarik pelanggan di sekitar area toko, bisnis online dapat menghadirkan pelanggan dari seluruh penjuru dunia. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan para pelaku bisnis online, yaitu meningkatkan penjualan. Namun, cara meningkatkan penjualan pun tidak semudah itu, lho!

Sebab, kini sudah semakin banyak pelaku usaha yang telah menceburkan diri dalam bisnis online. Dengan demikian, pesaing Anda pun semakin banyak. Agar dapat terus bersaing dan bisnis tetap bertahan, simak beberapa cara meningkatkan penjualan bisnis online berikut ini!

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Banyaknya pelaku bisnis online membuat Anda harus semakin kreatif dalam memikat pelanggan. Berikut enam cara meningkatkan penjualan bisnis online yang bisa Anda coba terapkan, yaitu:

  1. Buat website bisnis sendiri

Ketika Anda menjalankan bisnis berbasis online, membuat website merupakan hal yang sangat penting. Website adalah citra bisnis Anda dalam dunia maya, sama halnya seperti membangun toko offline. Dengan adanya website, pelanggan akan yakin pada bisnis atau perusahaan Anda karena dapat memberikan kesan yang profesional. Selain itu, website juga dapat menjadi pusat informasi mengenai perusahaan atau bisnis Anda, baik itu mengenai jenis produk, harga produk, promo, lokasi toko, history bisnis, hingga kontak resmi usaha Anda.

Pembuatan website juga tak hanya ditujukan bagi pelaku bisnis yang memiliki produk, seperti pakaian, aksesoris, obat, dan sebagainya. Para pemilik usaha jasa seperti salon, kafe, travel, maupun restoran juga penting untuk membuat website sebagai salah satu cara promosi mereka.

  1. Gunakan berbagai channel media sosial

Tak hanya membangun website sebagai situs resmi dari bisnis, Anda juga perlu menggunakan berbagai macam media sosial sebagai cara meningkatkan penjualan sekaligus sarana promosi. Hal ini dapat menjadi alternatif bagi target konsumen yang tidak mengetahui keberadaan website Anda. Selain itu, dengan menggunakan berbagai platform media sosial, Anda juga dapat menjangkau target pasar yang berbeda.

Misalnya, Anda akan menggunakan platform media sosial Instagram dan Facebook. Anda pun dapat menjangkau para pengguna Facebook yang mungkin tidak menggunakan Instagram atau sebaliknya. Akan tetapi, pastikan Anda telah melakukan riset sebelum melakukan berbagai macam promosi di media sosial agar konten yang diunggah pun tepat sasaran.

  1. Selalu tingkatkan kualitas produk

Selain membangun citra bisnis Anda melalui website dan akun media sosial, kualitas produk tetap harus menjadi perhatian utama. Tidak ada gunanya Anda melakukan promosi besar-besaran di dunia maya, tapi produk yang dihasilkan tidak menjunjung tinggi kualitas. Tidak menutup kemungkinan, bisnis Anda akan mendapatkan ulasan yang buruk dari para pengguna media sosial tersebut, yang berujung membuat pemasukan usaha Anda menurun.

  1. Ciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan

Dalam membangun sebuah bisnis online, cara meningkatkan penjualan juga bisa dilakukan dengan selalu memprioritaskan pelanggan. Mengapa demikian? Karena produk-produk yang Anda tawarkan pada akhirnya harus mencuri perhatian para pelanggan, sehingga kepuasan pelanggan merupakan hal utama dalam berbisnis.

Berikan informasi yang lengkap pada pelanggan, seperti ketersediaan produk, promo, atau ketika ada keterlambatan pengiriman. Selain produk yang berkualitas, pelanggan juga senang dengan toko yang dapat melayaninya dengan ramah. 

  1. Lakukan promo terbatas

Promo merupakan salah satu daya tarik bagi pelanggan. Hal ini juga akan meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan stok barang saat akan melakukan promo, apalagi jika promo besar-besaran. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa karena stok barang Anda tidak mencukupi permintaan.

  1. Manfaatkan layanan payment solution

Cara meningkatkan penjualan berikutnya untuk bisnis online adalah dengan memanfaatkan layanan payment solution dari Xfers. Layanan ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber dan tidak terbatas pada layanan transfer bank saja. Dengan menerapkan layanan Xfers Accept, pemilik bisnis dapat menerima uang dari Virtual Account, Bank Transfer, e-Money, maupun QRIS hanya melalui satu server saja. Tak hanya mempermudah pelanggan, Xfers Accept juga menghemat ruang gerak pelaku bisnis.


Jadi, itulah enam cara meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Memang, peningkatan penjualan tak lepas dari kemudahan pembayaran yang bisa dinikmati oleh para pelanggan. Untuk itu, gunakan layanan Xfers Accept dengan cara mendaftarkan bisnis Anda ke website resmi Xfers atau klik linkdi sini!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!