Product Updates

Ingin Buka Bisnis Rumahan? Ketahui Ide dan Persiapannya di Sini!

Team Xfers
April 4, 2022

Bisnis rumahan belakangan ini memiliki minat yang cukup tinggi di masyarakat. Hal ini disebabkan banyaknya aksi PHK yang dilakukan perusahaan terhadap karyawan akibat dampak Pandemi COVID-19, sehingga banyak dari mereka berusaha bertahan hidup dengan menjalankan bisnis rumahan.

Jika menelisik ke belakang, sebenarnya bisnis rumahan telah ada sejak zaman dahulu. Bahkan perusahaan-perusahaan besar yang kita kenal saat ini juga bermula dari skala rumahan, lho! Kemudahan teknologi dalam mendukung kegiatan bisnis serta tuntutan untuk tetap di rumah selama Pandemi COVID-19 menjadi motivasi seseorang untuk menjalankan bisnis rumahan ini. Apakah Anda salah satu yang tertarik untuk membuka bisnis rumahan? Artikel ini tepat untuk dibaca! Yuk, simak selengkapnya.

Apa Itu Bisnis Rumahan atau Usaha Rumahan?

Pada dasarnya, bisnis rumahan adalah kegiatan usaha yang dilakukan di rumah, baik dengan cara menjual barang atau jasa. Sistem jual beli online menjadi primadona ketika pandemi belum juga menunjukkan tanda-tanda berakhir. Selain itu, kemudahan teknologi juga memberikan peluang kerja baru bagi siapa pun yang ingin bekerja dari rumah.

Ide Bisnis Rumahan

Setelah mengetahui apa itu bisnis rumahan, selanjutnya ketahui ide-ide bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan sembari mengurus pekerjaan rumah dan anak. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Pre-order katering menu sehat

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung mengajarkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat, termasuk pemenuhan nutrisi untuk tubuh. Situasi pandemi menjadi momen strategis bagi pelaku usaha kuliner untuk menjual makanan sehat, sebab masyarakat mulai melek tentang kesehatan, baik olahraga maupun nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menangkal virus.

  1. Reseller peralatan rumah tangga estetik

Tagar #DiRumahAja trending setiap hari sebagai bentuk seruan agar masyarakat tetap di rumah untuk menghindari penyebaran virus. Tidak menutup kemungkinan, masyarakat pun mulai memperhatikan isi rumahnya. Mereka juga mulai berminat untuk menghias rumah dengan barang-barang estetik, seperti peralatan rumah tangga. Oleh karena itu, menjadi reseller peralatan rumah tangga estetik bisa menjadi ide bisnis rumahan yang cemerlang.

  1. Freelance digital marketing

Munculnya klaster penyebaran Covid-19 di kantor-kantor perusahaan menyebabkan adanya work from home, yakni bekerja dari rumah. Sistem kerja seperti ini dinilai masih efektif, sebab operasional perusahaan tetap berjalan meskipun karyawan tidak datang ke kantor. Maka dari itu, banyak posisi pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, salah satunya freelance digital marketing.

  1. Kemitraan jasa ekspedisi

Penggunaan jasa ekspedisi meningkat secara signifikan mengikuti banyaknya masyarakat yang menggunakan layanan e-commerce. Beberapa jasa ekspedisi mengalami pertumbuhan yang pesat akibat kebutuhan jual beli online yang bisa meminimalisir kontak antar manusia. Anda bisa menjalankan kemitraan dengan layanan ekspedisi hanya dengan bermodalkan lahan, kendaraan, dan alat-alat kantor.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuka Bisnis Rumahan

Membuka bisnis rumahan tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai pemula, Anda harus mempersiapkan strategi agar bisnis dapat berkembang. Ini dia tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka bisnis rumahan:

  1. Tentukan visi dan misi

Visi berguna untuk menentukan ke mana arah dan tujuan dari bisnis rumahan yang akan Anda jalankan. Bisnis yang tidak memiliki tujuan tidak dapat berkembang. Selain visi, misi juga berperan penting dalam bisnis, sebab ini adalah jalan yang akan Anda tempuh untuk mencapai visi yang telah Anda tentukan sebelumnya.

  1. Menghitung modal

Setiap bisnis pasti memerlukan modal. Sebelum memutuskan untuk membuka suatu bisnis, meskipun itu adalah bisnis rumahan, lakukan perhitungan modal agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Bila Anda melewatkan tips ini, bisa jadi bisnis Anda akan mandek di tengah jalan akibat kekurangan modal.

  1. Menentukan waktu

Setelah menentukan modal, tips berikutnya untuk membangun bisnis rumahan adalah Anda perlu menentukan waktu. Hal ini juga berkaitan dengan musim dan waktu panen. Misalnya, Anda menjual minuman es di musim hujan, otomatis penjualannya akan lebih sedikit dibandingkan dengan menjualnya saat musim panas atau kemarau.

  1. Menentukan ide usaha sesuai passion

Ide usaha dapat memengaruhi konsistensi Anda dalam bisnis rumahan. Apabila Anda menyukai fashion, artinya bisnis pakaian adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Sebab, saat seseorang menjalankan bisnis di luar kesukaannya, besar kemungkinan bisnis tersebut tidak akan bertahan lama.

  1. Mempelajari pengelolaan administrasi

Pengelolaan administrasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap pengusaha termasuk Anda yang berencana membuka bisnis rumahan. Pengelolaan administrasi ini bermanfaat untuk memantau pemasukan dan pengeluaran secara teratur. Pemasukan ini nantinya bisa dijadikan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Permudah Pengelolaan Keuangan Bisnis Rumahan dengan Payment Solution dari Xfers

Untuk mempermudah pengelolaan administrasi dan keuangan bisnis rumahan Anda, gunakan layanan dari Xfers sebagai penyedia payment solution terbaik bagi bisnis. Selain bisa terima dan transfer uang dengan bebas, Anda juga bisa memantau data pemasukan dan pengeluaran yang telah dicatat secara otomatis. Kunjungi juga media sosial Xfers untuk informasi lengkap mengenai layanan payment solution yang disediakan!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!