Product Updates

Ingin Tahu Tren Belanja Online di Indonesia? Simak Selengkapnya

Team Xfers
June 27, 2022

Zaman sekarang, berbelanja online sudah mendominasi perilaku belanja masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini tentu membawa banyak kemudahan bagi pelanggan maupun bisnis karena kegiatan berbelanja bisa berlangsung sangat cepat. Seiring berjalannya waktu, tren belanja online pun mengalami beberapa perubahan dan perkembangan. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Belanja Online?

Seperti namanya, belanja online adalah proses pembelian barang dan jasa yang dilakukan melalui jaringan internet dan perangkat pendukungnya. Belanja online berarti pembeli tidak akan bertemu langsung dengan penjual. Meski begitu, saat berbelanja online, pembeli akan dapat secara langsung membeli barang atau jasa dari penjual secara interaktif dan real-time melalui media perantara.

Perkembangan Belanja Online di Indonesia dari Waktu ke Waktu

Tren belanja online di Indonesia meningkat akibat pandemi Covid-19. Melalui data yang dihimpun Katadata Insight Center, disebutkan bahwa 17,5% masyarakat memilih untuk pindah dari belanja offline ke online. Peningkatan ini pun cukup besar jika melihat awalnya hanya 11% dan meningkat menjadi 25% pada 2021.

Namun, ternyata, ada perbedaan minat belanja online antara laki-laki dan perempuan sebagaimana yang disampaikan dalam riset dari I-Price. Disebutkan bahwa perempuan makin gemar berbelanja online, dengan persentase yang makin meningkat per tahunnya. Dari 46% pada 2019 menjadi 51% pada 2020 dan 53% pada 2021. 

Sebaliknya, jumlah laki-laki yang berbelanja online justru mengalami penurunan. Dari 54% pada 2019 kemudian menurun menjadi 49% pada 2020 dan kembali menurun pada 2021 menjadi 47%.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tren belanja online di Indonesia secara keseluruhan memang mengalami peningkatan. Hal ini tentunya mendorong para bisnis online untuk terus bersaing dalam menarik banyak pelanggan.

Tips Menarik Pelanggan dalam Belanja Online

Supaya banyak orang tertarik dengan produk yang Anda jual, dibutuhkan cara dan strategi berjualan yang tepat untuk meningkatkan pendapatan lewat tren belanja online. Berikut ini beberapa tips untuk menarik pelanggan agar berbelanja di toko bisnis online Anda:

  1. Tulis informasi & deskripsi produk secara lengkap

Saat berbelanja online, informasi dan deskripsi produk bisa menjadi kunci pelanggan membeli barang jualan Anda. Berhubung mereka tidak bisa melihat langsung barangnya, mereka akan mengandalkan semua informasi yang Anda berikan terkait barang tersebut. Berikan deskripsi produk yang jelas dan ringkas, dengan gaya penulisan yang sesuai dengan target bisnis Anda. Dengan adanya informasi yang lengkap, maka pelanggan akan merasa yakin dan memutuskan untuk membeli produk jualan Anda.

  1. Buat konten yang menarik dan aktif di media sosial

Saat ini, media sosial memang sudah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling disukai. Platform-platform ini pun juga memiliki banyak keuntungan bagi pebisnis online, mulai dari meningkatkan brand awareness, mendapatkan pelanggan baru, hingga menaikkan jumlah penjualan. 

Media sosial bisa menjadi wadah bagi Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan. Oleh sebab itu, buatlah konten yang menarik dan jadilah aktif di media sosial. Jangan lupa juga untuk menjawab pertanyaan dan menanggapi keluhan pelanggan yang disampaikan lewat sosial media.

  1. Punya customer service yang baik 

Pelanggan tentunya ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik. Itulah kenapa penting bagi bisnis Anda untuk mempunyai customer service yang baik. Selain karena masukan atau keluhan pelanggan tidak bisa diabaikan begitu saja, customer service yang baik juga dapat menjaga hubungan positif dengan pelanggan. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya pembeli sehingga mereka akan tertarik untuk membeli kembali di toko online Anda.

  1. Lakukan penawaran spesial secara berkala

Jika Anda melakukan penawaran atau promosi menjelang hari besar atau perayaan tertentu, Anda akan berpeluang mendapatkan omzet yang tinggi. Seperti misalnya menawarkan promo spesial Lebaran atau tahun baru, atau bisa juga promo di tanggal tertentu seperti promo 12.12. 

Selain memanfaatkan momen-momen besar seperti itu, Anda juga bisa memberikan promo pada waktu yang sudah Anda tentukan dan akan dapat meningkatkan penjualan. Contoh promo tren belanja online yang digemari masyarakat adalah gratis ongkir dengan jumlah pembelian tertentu hingga menawarkan promo bundling.

  1. Sediakan banyak metode pembayaran

Jika Anda adalah seorang pelaku usaha, pastikan ada banyak metode pembayaran yang Anda tawarkan. Ketika pembeli sudah selesai memilih barang dan tiba saatnya untuk membayar, adanya banyak metode pembayaran tentu akan memudahkan konsumen. Mereka bisa memilih metode sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, alih-alih terpaksa harus membayar dengan satu metode saja.

Menilik poin terakhir tersebut, penting bagi Anda untuk bisa menerima pembayaran dari berbagai metode yang berbeda. Apalagi karena makin banyak metode pembayaran yang muncul dengan berkembangnya tren belanja online. Tak perlu membuat banyak rekening dari berbagai bank, manfaatkan saja fitur dan keunggulan yang ditawarkan oleh Xfers Accept sekarang juga. Klik di sini untuk informasi lebih lengkap mengenai payment solution Xfers!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!