Product Updates

Ini Dia Alternatif Transfer Antar Bank Tanpa ATM!

Team Xfers
November 12, 2021

Kegiatan kirim dan terima uang antar-rekening saat ini memang sudah terlalu sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan triliunan Rupiah dapat masuk ke perputaran uang dalam kurun waktu beberapa hari saja. Salah satu kegiatan kirim-terima uang yang paling umum dilakukan adalah  melalui transfer antar bank.

Sayangnya, kegiatan ini sering terkendala sejumlah masalah teknis mulai dari ketersediaan mesin ATM hingga kartu ATM yang tertinggal atau bahkan hilang. Untuk Anda yang sering mengalami kendala-kendala tersebut, di artikel ini kami sudah merangkum  3 cara yang bisa Anda lakukan untuk transfer bank tanpa ATM!

Transfer Antar Bank Tanpa ATM Kapan Pun, Di Mana Pun

Semua bank pasti menyediakan mesin ATM untuk memudahkan nasabah mereka dalam melakukan transaksi, mulai dari tarik tunai hingga transfer antar bank. Sayangnya, sejumlah masalah teknis yang berkaitan dengan mesin ATM cukup sering terjadi.

Salah satu kendala yang paling sering dialami oleh nasabah adalah ketersediaan mesin ATM. Pasalnya, tidak semua bank memiliki persebaran mesin ATM yang luas. Bank umumnya memiliki perhitungan khusus dalam melakukan penempatan mesin ATM. Solusinya terkadang adalah dengan memanfaatkan mesin ATM milik bank lain yang kemudian akan dikenakan biaya tambahan atau charge untuk setiap transaksinya, termasuk ketika hanya melakukan cek saldo.

Belum lagi ketika Anda sedang berada di situasi yang membutuhkan transfer antar bank, tapi saat itu tidak membawa kartu ATM. Tentu hal ini akan sangat merepotkan mengingat setiap transaksi dengan mesin ATM harus memasukkan kartu ATM terlebih dahulu.

3 Cara Transfer Antar Bank Tanpa ATM

Sebenarnya, melakukan transfer antar bank tanpa ATM tidak harus menggunakan mesin ATM. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk transfer antar bank tanpa ATM, di antaranya sebagai berikut:

  1. Via Teller Bank

Cara yang paling mudah untuk melakukan transfer antar bank tanpa ATM adalah dengan mengunjungi cabang bank terdekat. Di sini, Anda akan dipandu untuk mengisi blangko transfer yang berisikan tujuan rekening dan jumlah nominal yang ingin ditransfer. Setelah itu, Anda tinggal menunggu nomor antrean untuk kemudian diproses oleh teller.

  1. Via Minimarket

Berikutnya, Anda dapat memanfaatkan minimarket untuk melakukan transfer uang. Dengan cara ini, penerima atau pengirim tidak perlu memiliki rekening. Anda hanya perlu nomor ponsel untuk menerima kode penerimaan uang dan tentu saja KTP, SIM, atau paspor sebagai identitas diri.

Caranya, Anda bisa datang  ke kasir, kemudian sampaikan bahwa Anda ingin melakukan transfer uang. Lalu, Anda diminta menyerahkan kartu identitas dan nomor ponsel Anda yang dapat dihubungi. Sebutkan juga nama dan nomor ponsel orang yang akan menerima kiriman uang. Terakhir, serahkan uang yang ingin ditransfer serta biaya administrasi sesuai yang dikenakan.

  1. Via Xfers

Cara akhir yang paling mudah untuk transfer antar bank tanpa ATM adalah menggunakan Xfers. Xfers adalah perusahaan fintech yang memberikan solusi pembayaran mudah bagi masyarakat sebagai sistem pembayaran yang tidak hanya terbatas pada transfer manual melalui bank, namun juga menawarkan berbagai metode pembayaran lain yang lebih mudah dan efisien. 

Cara Kerja Payment Solution dari Xfers

Sama dengan halnya pelanggan yang ingin kemudahan dalam pembayaran, sebagai pebisnis pun, Anda pasti ingin memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, kan? Maka dari itu, Anda bisa mendaftarkan metode selain transfer yang harus dilakukan lewat bank, yakni pembayaran melalui Xfers! 

Dalam membantu bisnis Anda untuk berkoneksi dengan banyak metode pembayaran, Xfers menghadirkan 5 kemudahan, yaitu:

  1. Menerima Berbagai Pembayaran

Dengan bantuan Xfers, kini bisnis Anda sudah bisa menerima pembayaran dari berbagai metode pembayaran lokal, tidak terbatas pada transfer antar bank saja.

  1. Waktu Daftar yang Singkat

Proses pendaftarannya tak perlu butuh waktu yang lama. Hanya dengan 5 menit saja, Anda sudah bisa membuat akun Xfers. Selanjutnya, tinggal kirimkan dokumen bisnis milik Anda dan kami yang akan memprosesnya. 

  1. Terintegrasi

Cukup dengan Xfers, Anda sudah dapat terintegrasi dengan semua metode pembayaran penting di Indonesia, seperti: Virtual Account dari bank-bank ternama, ShopeePay, QRIS, hingga Retail dari 5 outlet terpercaya seperti Indomaret dan Alfamart.

  1. Tak Perlu Kode

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa langsung login ke platform pembayaran Xfers tanpa kode khusus. Setelah itu, Anda bisa menerima pembayaran melalui link pembayaran yang tertera, sekaligus mengirim pembayaran ke luar, seperti pada karyawan & vendor melalui formulir pembayaran yang telah tersedia pada platform Xfers.

  1. Ramah bagi Developer

Anda ingin mengintegrasikannya dengan API? Sangat bisa, karena dokumen kami dapat mudah dipahami dan digunakan oleh developer.  Selain itu, developer juga bisa mengakses data sandbox tanpa memerlukan verifikasi.

Berkat kecanggihan teknologi, kini transfer antar bank tanpa ATM tidak mustahil dilakukan. Baik dari sisi pelanggan maupun pemilik usaha, semua bisa dilakukan dengan lebih simple. Terlebih dengan kehadiran payment solution seperti Xfers, Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan jauh lebih mudah dan tentunya efisien. Bagi Anda pemilik usaha, yuk, klik di sini untuk cari tahu lebih banyak tentang layanan payment solution dari Xfers!


Ready to get started?
Onboard your business with us today!