Product Updates

Inilah 4 Cara Membuat Laporan Keuangan Bisnis Sederhana

Team Xfers
March 4, 2022

Dalam keberlangsungan bisnis, diperlukan penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar. Laporan keuangan bisnis dibuat untuk mengetahui kondisi perekonomian dalam sebuah perusahaan atau bisnis, meskipun sering kali dirasa sulit karena harus melibatkan rumus-rumus rumit dalam Microsoft Excel.

Jika sebuah perusahaan tidak membuat laporan keuangan bisnis, kondisi keuangan dalam perusahaan tersebut tidak dapat dikelola dengan baik. Perusahaan juga tidak dapat menentukan strategi penting untuk menunjang kemajuan bisnis. Jadi, pentingkah membuat laporan keuangan? Dan bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Manfaat Laporan Keuangan Bisnis bagi Perusahaan

Laporan keuangan sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Lebih dari sekadar data berisi angka, berikut manfaat laporan keuangan bisnis yang dapat dirasakan perusahaan:

  1. Memantau perkembangan bisnis

Idealnya, laporan keuangan bisnis menyajikan data keuangan perusahaan, termasuk data pemasukan dan pengeluaran. Dari sini, dapat terlihat perkembangan bisnis Anda. Misalnya, selama beberapa bulan ini jumlah pemasukan bisnis Anda selalu meningkat. Artinya, bisnis Anda sedang berkembang baik. Anda pun dapat menganalisis penyebab kenaikan tersebut dan mengambil keputusan untuk semakin mengembangkan bisnis.

  1. Membuat karyawan dan pemilik bisnis saling percaya

Laporan keuangan dapat membuat karyawan memiliki rasa percaya pada bisnis Anda karena terdapat transparansi mengenai prospek tempat mereka bekerja. Selain itu, pemilik bisnis juga tidak perlu mencurigai karyawannya sebab ada laporan keuangan yang jelas.

  1. Menghindari pengeluaran berlebih

Jika Anda membuat laporan keuangan bisnis secara rutin, pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu bisa ditiadakan pada bulan berikutnya. Misalnya, dari laporan keuangan terlihat bahwa bulan ini bisnis Anda melakukan pengeluaran terbesar untuk tagihan listrik. Berdasarkan informasi ini, Anda dapat mengambil langkah untuk menghemat pemakaian listrik sehingga pengeluaran bisa ditekan. Hal ini membuat bisnis Anda selalu mengalami perkembangan berkat evaluasi yang baik.

Jenis Laporan Keuangan Sederhana yang Wajib Ada pada Bisnis

Ternyata, laporan keuangan tidak hanya terdiri dari satu jenis. Terdapat beberapa jenis laporan keuangan sederhana yang diterapkan dalam bisnis Anda. Berikut penjelasannya:

  1. Neraca

Laporan keuangan dalam bentuk neraca biasanya digunakan bagi perusahaan berskala besar. Laporan ini memuat harta, kewajiban, dan modal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan berperan penting bagi kemajuan perusahaan tersebut.

  1. Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan bisnis jenis ini dinilai paling cocok untuk pemilik usaha pemula. Laporan laba rugi memuat pemasukan dan pengeluaran bisnis, sehingga dapat memunculkan hasil laba atau rugi.

  1. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal dibuat untuk mengetahui berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk mengubah modal yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis. Laporan ini mencatat modal awal, laba bersih dan rugi bersih, serta pengambilan uang pribadi oleh pemilik bisnis tersebut.

  1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau cash flow menjabarkan pengeluaran dan pemasukan uang kas dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Laporan ini dibuat untuk mengetahui alur keuangan, pertanggungjawaban perusahaan, dan menilai ketepatan perkiraan keuangan yang telah dilakukan sebelumnya.

Cara Membuat Laporan Keuangan Bisnis

Agar laporan keuangan bisnis dapat memberikan hasil yang efektif, pastikan Anda membuatnya secara tepat. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika akan membuat laporan keuangan bisnis.

1.  Buat catatan pemasukan dan pengeluaran

Anda harus mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis dengan detail setiap harinya. Usahakan Anda juga menyimpan bukti transaksi dari kegiatan tersebut.

2. Gabungkan ke dalam buku besar

Setelah menulis pemasukan dan pengeluaran, tulislah dalam buku besar supaya dapat mencakup keseluruhan laporan keuangan.

3. Buatlah neraca saldo 

Neraca saldo dapat dibuat untuk mengetahui keseimbangan keuangan perusahaan atau bisnis Anda.

4. Gabung jurnal transaksi dan buat laporan keuangan sesuai kebutuhan

Terakhir, Anda bisa menggunakan jenis laporan keuangan sesuai kebutuhan, baik itu neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, maupun laporan arus kas.

Itulah pentingnya laporan keuangan bisnis bagi sebuah perusahaan. Jika Anda mengalami kendala dalam pembuatan laporan keuangan, Anda bisa menyambungkan bisnis Anda dengan Xfers yang menyediakan payment solution bagi kemajuan bisnis Anda.

Dengan menggunakan Xfers, laporan keuangan bisnis menjadi lebih terkontrol karena terdapat fitur pembukuan otomatis yang tersedia pada dashboard Xfers. Untuk informasi lengkap mengenai layanan Xfers, silakan kunjungi website resmi Xfers, ya!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!