Product Updates

Inilah 6 Manfaat E-Wallet untuk Pemilik Usaha

Team Xfers
January 4, 2022

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dunia digital semakin berkembang. Termasuk kemudahan dalam bertransaksi menggunakan e-wallet. Tidak hanya dirasakan oleh pembeli yang bisa membayar menggunakan e-wallet ketika membeli suatu barang atau jasa. Manfaat e-wallet juga dirasakan oleh pebisnis atau pemilik usaha.


Apa saja manfaatnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Manfaat Dompet Digital bagi Pelaku UMKM

Jika Anda masih ragu menggunakan dompet digital untuk kemudahan bertransaksi karena satu dan lain hal, Anda perlu menyimak manfaat e-wallet di bawah ini. Pasalnya, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan e-wallet. Mulai dari kemudahan transaksi sampai dengan kemudahan pembukuan.

1. Kemudahan transaksi

Dengan menggunakan e-wallet, Anda akan merasakan kemudahan bertransaksi karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian. Anda akan merasa repot karena harus menyediakan uang dengan pecahan nominal yang kecil. Kalau tidak ada, Anda perlu meminjamnya ke orang lain atau toko sebelah.


Penggunaan e-wallet ini memudahkan transaksi karena pembeli cukup memindai atau scan barcode atau QR code untuk membayar produk atau jasa yang mereka beli. Kemudian, uang dari dompet digital pelanggan akan masuk ke dompet digital Anda sebagai penjual. 

2. Lebih aman

Menggunakan e-wallet juga membuat transaksi terjamin aman. Hal ini dapat dirasakan baik oleh pembeli maupun penjual. Bagi pembeli, mereka tidak perlu repot membawa banyak uang. Bepergian dengan membawa banyak uang tunai mengundang pencurian dana.


Begitu pula bagi penjual. Anda tidak perlu khawatir ada pencurian dana di toko. Seluruh pemasukan dan pengeluaran akan tersimpan di dompet digital. Anda tidak perlu membuka dompet, cukup menggunakan handphone saja.


Beberapa dari Anda mungkin masih ragu dengan sistem keaman dompet digital sehingga berpikir uang di dompet digital mudah dicuri atau diretas. Tetapi tidak perlu khawatir, e-wallet sudah menggunakan sistem keamanan tingkat tinggi dan berlapis untuk mengkonfirmasi pembayaran.

3. Tersedia promosi produk

Pelaku bisnis membutuhkan promosi untuk meningkatkan penjualan. Kabar baiknya, e-wallet sering mengadakan promosi produk secara berkala. Misalnya memberikan diskon atau cashback bagi pelanggan.


Dengan memanfaatkan promosi dari e-wallet, Anda sebagai pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan banyak biaya atau bahkan tidak sama sekali. Diskon ini hanya berlaku bagi pelanggan yang melakukan pembayaran non tunai. Promosi yang menguntungkan kedua belah pihak bukan?

4. Kemudahan membayar tagihan

Manfaat e-wallet tidak hanya memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli akhir. Anda juga dapat melakukan pembayaran kepada distributor atau produsen menggunakan e-wallet. Sehingga waktu Anda tidak akan tersita untuk melakukan pertemuan di kantor distributor. Anda pun dapat menggunakan waktu dengan kegiatan yang lebih menguntungkan bagi penjualan.

5. Pembukuan transaksi lebih rapi dan rinci

Biasanya yang menjadi masalah ketika membangun bisnis UMKM adalah pengelolaan administrasi, terutama pengelolaan keuangan. Sistem yang dibuat pada awal berdirinya sebuah perusahaan belum rapi. Oleh sebab itu manfaat e-wallet juga terasa ketika melakukan pembukuan.


Data yang diambil dari e-wallet rapi dan rinci. Transaksi pengeluaran dan pemasukan dapat terdeteksi, baik dari nominal maupun waktu pembayaran. Jadi Anda bisa lebih mudah juga melakukan evaluasi keuangan agar cashflow terjaga.

6. Praktis dan efisien

Dari pemaparan manfaat e-wallet di atas, kesimpulannya adalah e-wallet praktis dan efisien untuk menjalankan bisnis UMKM. Kualitas pelayanan kepada pelanggan juga menjadi lebih terjaga apabila pembayaran sudah praktis menggunakan e-wallet. 


Anda juga bisa dengan mudah mengintegrasikan bisnis ke sistem online, baik secara penjualan dan keuangan. Dengan sistem online ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak pembeli. Bagaimana? Menguntungkan sekali bukan?


Dengan menghubungkan bisnis Anda dengan dompet digital ShopeePay melalui Xfers, bisnis Anda bisa terbantu dalam peningkatan penjualan. Xfers juga sudah terintegrasi dengan lebih dari 100 bank di Indonesia. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan Xfers sebagai pembayaran digital untuk mendukung bisnis Anda. Yuk, daftarkan bisnis Anda di Xfers sekarang!


Ready to get started?
Onboard your business with us today!