Product Updates

Inilah Sistem Pembayaran Online yang Paling Sering Digunakan di Indonesia

Team Xfers
December 2, 2021

Seiring dengan perkembangan zaman, sistem pembayaran terus mengalami perubahan. Saat ini, pembayaran online dianggap sebagai sistem yang paling praktis. Di Indonesia sendiri, model pembayaran online bahkan mulai menggeser pembayaran konvensional menggunakan uang tunai. Lalu, apa saja jenis sistem pembayaran online yang paling sering digunakan di Indonesia?

Penerapan Sistem Pembayaran Online di Indonesia

Penerapan sistem pembayaran online di Indonesia merupakan salah satu efek dari terjadinya transformasi digital dalam berbagai sektor kehidupan. Variasi model pembayaran yang berlaku pun terus bertambah seiring berjalannya waktu, menggeser model konvensional dengan uang tunai.

Pembayaran online di Indonesia sendiri mulai berkembang pesat pada satu dekade terakhir. Infrastruktur teknologi melahirkan beragam inovasi yang memudahkan proses pembayaran. Mulai dari kemunculan uang elektronik berbasis kartu, dompet elektronik, retail payment, hingga QRIS semuanya didasari oleh keinginan untuk menyederhanakan transaksi keuangan.

Kelebihan Pembayaran Online dengan Offline

Apa saja kelebihan pembayaran online jika dibandingkan dengan offline? Pembayaran online memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh pembayaran offline, khususnya dalam hal kepraktisan. Misalnya, Anda tidak perlu repot-repot menyediakan uang dalam nominal yang tepat sama saat harus melakukan pembayaran.

Selain itu, sistem pembayaran online juga menawarkan proteksi keamanan yang tidak dimiliki pembayaran offline. Alat pembayaran online sulit untuk dipalsukan sehingga mampu menekan peredaran uang palsu. Selain itu, sistem pembayaran online juga biasanya dilengkapi dengan pengamanan seperti PIN atau biometrik.

Jenis-jenis Sistem Pembayaran Online

Di Indonesia, ada beberapa jenis sistem pembayaran online yang berlaku. Biasanya, pembayaran online digunakan dalam transaksi jual-beli digital. Meski begitu, saat ini sudah banyak juga transaksi jual-beli konvensional yang menerima pembayaran online. Berikut adalah beberapa jenis sistem pembayaran online yang berlaku di Indonesia.

  1. Bank Transfer

Transfer uang melalui bank merupakan jenis pembayaran online yang sangat umum. Dalam mekanisme pembayaran ini, nasabah bank menggunakan layanan internet banking atau mobile banking untuk membayar. Transfer bank banyak digunakan karena mudah dan praktis. Selain itu, banyak orang di Indonesia memiliki nomor rekening yang bisa digunakan untuk mengirim sekaligus menerima uang.

  1. E-wallet

Berikutnya ada e-wallet atau dompet elektronik. Disebut elektronik karena sistem pembayaran yang satu ini digunakan untuk menyimpan uang dalam bentuk digital. Dengan e-wallet konsumen bisa melakukan pembayaran untuk berbagai jenis transaksi digital. E-wallet banyak diminati karena dilengkapi dengan sistem keamanan. Selain itu, penggunaannya pun mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi lewat smartphone saja.

  1. Convenience Retail Payment

Convenience retail payment merupakan sistem pembayaran yang difasilitasi oleh toko retail. Di Indonesia sendiri, model pembayaran seperti ini bisa ditemukan pada supermarket maupun mini market. Convenience retail payment banyak digunakan oleh mereka yang ingin melakukan transaksi digital, namun tidak memiliki rekening bank atau dompet digital.Untuk melakukan pembayaran melalui convenience retail payment, konsumen cukup membayar pada kasir toko retail dengan uang tunai. Transaksi kemudian akan diproses oleh pihak toko melalui sistem yang mereka miliki.

  1. QRIS

Terakhir ada QRIS (QR Code Indonesian Standard). Model pembayaran ini dirancang oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS memungkinkan konsumen untuk bisa melakukan transaksi digital hanya dengan scanning QR Code. Bagi pemilik bisnis, QRIS sangat praktis. Sebab, Anda tidak perlu mendaftarkan banyak QR Code untuk bisa menerima pembayaran dari berbagai bank atau aplikasi pembayaran digital. 

Bagi pemilik usaha, mengetahui sistem pembayaran online yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia sangatlah penting. Dengan mengetahui jenis pembayaran yang populer di masyarakat, Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Merasa kesulitan untuk menyediakan sistem pembayaran online pada bisnis Anda? Xfers punya solusinya! Melalui layanan Xfers, Anda bisa terhubung dengan berbagai sistem pembayaran online di Indonesia, mulai dari transfer bank, convenience retail payment, hingga QRIS. 

Permudah urusan bisnis Anda dengan sistem pembayaran online bersama Xfers sekarang juga. Klik di sini untuk info lebih lanjut mengenai beragam payment solution yang cocok untuk bisnis Anda!


Ready to get started?
Onboard your business with us today!