Product Updates

Intip Keuntungan Pembayaran di Alfamart serta Cara Kerjanya

Team Xfers
November 23, 2021

Dengan teknologi yang terus berkembang, sekarang usaha Anda pun sudah bisa menerima pembayaran di Alfamart, lho. Pembayaran di retail store seperti Alfamart memang banyak diminati konsumen, terutama bagi masyarakat yang masih belum familiar dengan metode pembayaran cashless. Lantas, bagaimana dengan pemilik usaha sendiri? Apa keuntungan menerima metode pembayaran di Alfamart? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya!

Metode Pembayaran di Alfamart

Adanya pembayaran melalui retail store seperti Alfamart memungkinkan pelaku usaha untuk menerima pembayaran dari pelanggan, terutama mereka yang masih melakukan pembayaran tunai (cash).

Dengan model pembayaran ini, pelanggan cukup datang ke Alfamart dan melakukan pembayaran di kasir. Pelanggan tidak harus menggunakan alat bayar nontunai (cashless). Sebab, pembayaran tunai pun diterima dan bisa langsung diproses.

Keuntungan Bertransaksi Melalui Gerai Alfamart

Apakah pembayaran di Alfamart hanya menguntungkan pihak konsumen? Jawabannya tidak. Ternyata, model pembayaran seperti ini pun mendatangkan keuntungan dari sisi pemilik usaha. Apa saja?

  1. Menjangkau lebih banyak pelanggan

Keuntungan pertama berhubungan dengan keterjangkauan. Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih senang menggunakan uang tunai untuk bertransaksi. Adanya pembayaran melalui Alfamart atau retail store memungkinkan Anda untuk menjangkau kelompok masyarakat tersebut.

Melalui Alfamart, pelanggan bisa membayar produk yang mereka beli dengan uang tunai. Cara ini sangat praktis bagi mereka yang masih belum memiliki akses ke aplikasi pembayaran digital atau metode cashless lainnya.

  1. Efisien

Bukan hanya itu, pembayaran di Alfamart pun ternyata sangat efisien bagi pelaku usaha. Dengan metode pembayaran ini, Anda tidak perlu menyediakan mesin pembayaran dan membayar biaya perawatannya. Sebab, seluruhnya sudah tersedia di gerai Alfamart atau retail store. Anda pun bisa menghemat pengeluaran usaha.

  1. Ketersediaan layanan

Kebanyakan gerai Alfamart atau retail store di Indonesia memiliki waktu operasi yang panjang. Gerai buka pada pagi hari (sekitar pukul 07.00) dan baru tutup saat malam hari. Pada situasi normal, beberapa gerai bahkan bisa buka selama 24 jam. Dengan panjangnya waktu operasi layanan, maka konsumen pun akan lebih fleksibel dalam melakukan transaksi.

  1. Menyediakan laporan transaksi

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari model pembayaran di Alfamart adalah adanya notifikasi atau laporan. Pada setiap transaksi pembayaran yang sukses, sistem secara otomatis akan langsung mengirimkan notifikasi atau laporan kepada Anda selaku pemilik bisnis.

Begitu pula saat terjadi gangguan seperti delay atau transaksi yang hangus, sistem bisa segera melaporkannya kepada Anda dengan mengirimkan notifikasi. Canggihnya lagi, laporan tersebut otomatis tersimpan dalam sistem dan bisa Anda akses kapan pun. Cara ini akan sangat memudahkan Anda untuk menyusun laporan transaksi usaha.

Cara Kerja Transaksi di Alfamart

Untuk bertransaksi di Alfamart, pelanggan cukup menunjukkan kode atau menyebutkan jenis layanan yang ingin dibayar tagihannya pada kasir. Misalnya jika tagihan, maka pelanggan bisa menyebutkan spesifik seperti tagihan PLN. Lain halnya dengan pembayaran toko online, pelanggan bisa menunjukkan kode yang tertera di e-commerce atau website toko online tersebut.

Setelah itu, kasir akan memproses transaksi. Jika data cocok, maka pelanggan bisa langsung melakukan pembayaran baik secara cash maupun cashless. Proses transaksi yang sukses akan langsung tercatat dan sistem akan langsung mencetak nota secara otomatis.

Mulai Terima Pembayaran Melalui Alfamart

Tertarik untuk menyediakan metode pembayaran di Alfamart untuk keperluan usaha Anda? Tidak sulit, kok. Anda bisa mengurusnya melalui Xfers. Lewat Xfers, proses pendaftaran untuk pembayaran melalui Alfamart tidak akan memerlukan waktu lama. 

Selain itu, Xfers juga memberikan proteksi keamanan untuk seluruh transaksi pembayaran melalui gerai Alfamart. Begitu juga dengan laporan transaksi, Xfers memastikan bahwa Anda akan mendapatkan laporan dan notifikasi untuk setiap transaksi pembayaran yang terjadi.

Hanya perlu mendaftar akun di Xfers, mengisi identitas diri dan usaha serta sejumlah dokumen, metode pembayaran di Alfamart bagi bisnis Anda akan tersedia setelah 1-5 hari kerja. Nantinya, Xfers juga akan mengirimkan Service Agreement Letter setelah terverifikasi. Setelah itu, pelanggan Anda sudah bisa memilih metode pembayaran tersebut.


Tertarik untuk menyediakan metode pembayaran di Alfamart? Yuk, daftarkan bisnis Anda di Xfers! Dengan pengalaman sebagai penyedia payment solution di Singapura dan Indonesia, Xfers siap memberikan layanan terbaik terutama dalam mengurus pembayaran melalui Alfamart. Tunggu apalagi? Klik di sini untuk mulai menyediakan metode pembayaran di Alfamart bagi usaha Anda!  


Ready to get started?
Onboard your business with us today!