Product Updates

Ketahui Cara Membuat QRIS untuk Pembayaran Praktis Usaha Anda!

Team Xfers
November 18, 2021

Kini, metode pembayaran dengan QRIS semakin marak di penerapannya oleh beragam jenis usaha di Indonesia. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah layanan pembayaran cashless dengan standar Bank Indonesia (BI). Melalui QRIS, pemilik usaha dapat menerima pembayaran cashless dari berbagai jenis aplikasi pembayaran digital. Tertarik untuk menerapkan QRIS pada usaha yang Anda jalankan? Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara membuat QRIS!

Mengenal QRIS

QRIS sendiri merupakan metode pembayaran cashless sesuai standar Bank Indonesia. Metode pembayaran ini dirancang BI bersama ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia), berdasarkan standar QR code internasional untuk pembayaran yang disusun oleh EMVCo.  

Penerapannya sendiri dimulai sejak 1 Januari 2020 lalu dan diatur dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/18/PADG/2019 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran. Aturan tersebut menyebutkan bahwa, “Setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem QR wajib mengadopsi QRIS.”


Manfaat Penggunaan QRIS

Sebelum mempelajari cara membuat QRIS, Anda perlu mengetahui berbagai keuntungan yang ditawarkannya. QRIS menawarkan kemudahan baik untuk pemilik usaha maupun konsumen, lho. Berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan oleh QRIS.

  • Manfaat QRIS untuk Pemilik Usaha

Bagi pemilik usaha, adanya QRIS akan mempermudah proses pembayaran. Dengan QRIS, Anda tidak perlu membuat banyak QR code untuk masing-masing aplikasi pembayaran atau bank. Sebab,  QRIS bisa menerima pembayaran cashless dari berbagai aplikasi pembayaran digital.

Terlebih, saat ini BI sudah terhubung dengan berbagai bank seperti BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Jenius, serta aplikasi pembayaran GoPay, OVO, DANA, hingga LinkAja. Untuk daftar lengkap bank serta aplikasi pembayaran yang telah terhubung dengan BI, dapat dilihat di situs resmi BI di sini.

QRIS juga memberikan proteksi keamanan yang lebih baik dari metode pembayaran lain. Dengan QRIS, Anda bisa meminimalisir risiko penggunaan uang palsu. Selain itu, QRIS juga memudahkan pemilik usaha untuk memantau riwayat transaksi. Alhasil, penyusunan laporan keuangan pun jadi lebih mudah.

  • Manfaat QRIS untuk Konsumen

Manfaat utama penggunaan QRIS bagi konsumen adalah mempersingkat proses transaksi. Dengan QRIS, pelanggan cukup scan kode yang tersedia atau generate kode melalui aplikasi untuk melakukan pembayaran. Konsumen tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan kartu dan memasukkan PIN untuk transaksi cashless.

Secara garis besar, QRIS mendukung terciptanya cashless society. Dengan adanya QRIS, maka masyarakat tidak perlu bergantung lagi pada cash atau uang tunai untuk bertransaksi. Metode cashless pun bisa melindungi konsumen dari risiko terjadinya tindak kriminalitas seperti pencurian.

Jenis-jenis QRIS

Ada dua jenis QRIS yang dikembangkan oleh BI, yaitu QRIS statis dan dinamis. Berikut penjelasan lebih lengkapnya!

  1. Statis

QRIS statis merupakan QR code yang diberikan kepada pemilik usaha atau merchant. Bentuknya bisa berupa stiker maupun pamflet. Untuk menggunakannya, pelanggan cukup melakukan scan pada QR code yang tersedia dengan aplikasi pembayaran digital. Setelah itu, pelanggan bisa memasukkan nominal pembelian sesuai dengan pesanan.

  1. Dinamis

QRIS dinamis merupakan QR code yang dibuat saat transaksi terjadi. Disebut dinamis karena bentuk kode yang dibuat akan disesuaikan dengan transaksi yang terjadi. Jika pada QRIS statis pelanggan harus memasukkan nominal pembelian secara manual, maka pada QRIS dinamis secara otomatis nominal yang harus dibayar akan muncul.


Cara Mendaftar QRIS

Lalu, bagaimana cara mendaftar sebagai merchant QRIS untuk keperluan usaha? Anda bisa membuat QRIS statis maupun dinamis untuk usaha. Caranya pun simpel, yaitu melalui Xfers yang merupakan payment solution untuk beragam aktivitas usaha.

Untuk mendaftar, Anda cukup membuat akun Xfers dengan langkah berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Xfers, yaitu www.xfers.com
  2. Pilih Sign Up untuk membuat Business Account baru
  3. Isi form dengan informasi yang diperlukan mengenai bisnis Anda dan jangan lupa unggah dokumen persyaratan untuk keperluan verifikasi akun
  4. Terakhir, tim Xfers akan mengirimkan Service Agreement Letter kepada Anda, dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 1-5 hari kerja saja. Setelah itu, QRIS yang Anda buat bisa langsung dipakai untuk menerima pembayaran.


Itulah cara mendaftarkan bisnis Anda sebagai merchant QRIS melalui Xfers. Hanya menunggu 1 hingga 5 hari kerja saja sejak pendaftaran, QRIS yang Anda buat sudah bisa langsung digunakan untuk menerima pembayaran. Mudah, bukan? Adanya QRIS sangat membantu pemilik usaha untuk meringkas waktu transaksi. Selain itu, QRIS juga menawarkan proteksi keamanan yang lebih baik dari metode pembayaran tunai atau cash.

Ingin segera menerapkan segala kemudahan QRIS pada usaha yang sedang Anda jalankan? Anda bisa mengikuti cara membuat QRIS di atas melalui Xfers. Yuk, daftarkan bisnis Anda di sini dan Anda pun bisa memiliki QRIS sebagai metode pembayaran usaha Anda!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!