Product Updates

Ketahui Perbedaan Disbursement dan Reimbursement dalam Bisnis

February 8, 2022

Disbursement dan reimbursement merupakan dua istilah yang kerap ditemukan dalam dunia bisnis. Dua hal tersebut memang sama-sama berhubungan dengan pengeluaran yang dilakukan sebuah perusahaan, tetapi memiliki dua arti yang amat berbeda. Ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian keduanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Disbursement dan Contohnya

Kata disbursement dapat diartikan sebagai pembayaran. Namun, dalam bisnis, disbursement diartikan sebagai pengeluaran. Istilah ini sangat erat kaitannya dengan keuangan di sebuah perusahaan.

Istilah disbursement mempunyai makna proses pencairan dana yang dilakukan perusahaan untuk membayar berbagai jenis tagihan, mulai dari pembayaran gaji, sewa, vendor, dan lain-lain. 

Contoh kegiatan disbursement adalah ketika sebuah perusahaan mengeluarkan biaya untuk membayar gaji karyawannya. Tidak mencakup penggajian saja, disbursement juga bisa diartikan sebagai pengeluaran perusahaan untuk membayar tagihan karyawan yang menjadi tanggungan perusahaan. Tanggungan tersebut berbeda-beda dalam setiap perusahaan. Misalnya, ada perusahaan yang menanggung BPJS karyawannya, ada juga yang sekaligus menanggung biaya transportasi, makan siang, dan lain-lain.

Pengertian Reimbursement dan Contohnya

Berbeda halnya dari disbursement, reimbursement adalah proses di mana karyawan mengajukan pengembalian dana pada perusahaan setelah menyelesaikan business trip atau berbagai kegiatan yang berhubungan dengan tugas kantor. Istilah satu ini cenderung lebih spesifik jika dibandingkan dengan disbursement yang mencakup berbagai macam jenis pembayaran.

Pada dasarnya, reimbursement adalah bentuk kompensasi perusahan terhadap pengeluaran yang telah dikeluarkan karyawannya ketika melaksanakan tugas-tugas kantor. Misalnya, ketika ada keperluan kantor yang mengharuskan seorang karyawan mengeluarkan uang pribadinya. Uang tersebut nantinya akan diganti oleh perusahaan jika karyawan melapor dan menyerahkan bukti pemakaian dana pribadinya.

Kebijakan pengembalian uang ini berbeda-beda pada setiap perusahaan, bergantung pada kesepakatan yang telah dibuat antara keduanya. Namun, yang pasti, harus ada bukti jelas supaya proses reimbursement bisa disetujui pihak perusahaan.

Perbedaan Disbursement dan Reimbursement

Berdasarkan penjelasan mengenai disbursement dan reimbursement di atas, berikut adalah perbedaan keduanya:

  • Disbursement

Pengeluaran yang harus dibayarkan untuk melunasi berbagai tagihan perusahaan, mencakup pembayaran gaji karyawan, sewa ruko/bangunan, BPJS Ketenagakerjaan,  dan lain-lain. Intinya, disbursement mencakup seluruh pengeluaran yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

  • Reimbursement

Pengembalian dana oleh pihak perusahaan kepada karyawan yang telah lebih dahulu menggunakan uang pribadi untuk keperluan atau tugas-tugas kantor. Reimbursement secara spesifik membahas mengenai pengembalian uang dari perusahaan ke karyawan.

Nah, kegiatan pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis Anda dapat dipermudah dengan menggunakan layanan disbursement dari Xfers. Xfers adalah perusahaan fintech asal Singapura yang menawarkan payment solution dan telah berekspansi ke Indonesia. Layanan disbursement dari Xfers bisa Anda gunakan melalui Xfers Send. Bagaimana caranya?

Cara Mengaktifkan Disbursement melalui Xfers

Xfers Send adalah salah satu produk Xfers yang menyediakan layanan payout untuk pembayaran-pembayaran dalam jumlah besar ke banyak channel secara simultan. Hal ini tentunya akan memudahkan proses pembayaran atau disbursement dalam bisnis Anda, bukan? Untuk menggunakan Xfers Send, pastikan Anda mendaftarkan bisnis Anda lebih dulu melalui website Xfers. Lalu, pilih produk Xfers Send dan ikuti langkah-langkah pendaftaran berikut ini:

  1. Klik tombol Sign Up;
  2. Pilih Business Account;
  3. Ikuti langkah-langkah untuk mengunggah kelengkapan informasi bisnis Anda;
  4. Unggah beberapa dokumen guna memverifikasi akun Anda;
  5. Tunggu tim Xfers mengirimkan Service Agreement Letter setelah akun Anda terverifikasi. 

Oh, iya, proses ini akan memakan waktu 1-5 hari kerja sebelum akhirnya akun Anda bisa digunakan secara aktif. 


Jadi, itulah penjelasan seputar disbursement dan reimbursement dalam bisnis. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, tapi sama-sama penting dalam menunjang aktivitas keuangan bisnis Anda. Karenanya, pastikan Anda menggunakan layanan payment solution dari Xfers untuk mendukung pembayaran dalam bisnis! Yuk, kunjungi www.xfers.com/id sekarang!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!