Product Updates

Pahami Apa Itu Autodebet dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda!

Team Xfers
February 21, 2022

Rutinitas para pelaku bisnis sering kali padat. Mobilitas yang tinggi dan tanggung jawab yang besar menjadi hal yang harus sama-sama diprioritaskan. Tidak jarang, para pelaku bisnis jadi lupa membayar tagihan bulanannya. Akan tetapi, di zaman yang sudah demikian canggih, peristiwa ini seharusnya bisa dihindari dengan mulai menggunakan layanan autodebet. Apa itu autodebet? Bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Apa Itu Autodebet dan Cara Kerjanya

Autodebet adalah sistem pembayaran otomatis dari saldo bank yang Anda miliki setelah dilakukan penjadwalan. Dalam penarikan otomatis ini, nasabahlah yang mengatur jumlah, waktu, dan frekuensi pembayaran tersebut. 

Tidak hanya melakukan pengiriman uang antarbank, autodebet juga bisa digunakan untuk membayar tagihan PLN, cicilan KPR, hingga iuran BPJS. Sedangkan bagi para pelaku bisnis, autodebet memiliki peran yang sangat penting untuk melakukan pembayaran-pembayaran secara otomatis dan berkala. 

Selain otomatis dan praktis, autodebet juga menawarkan transaksi yang mudah dan cepat karena bisa dilakukan di mana saja. Cukup menggunakan mobile banking, tagihan-tagihan Anda bisa terlunasi sebelum jatuh tempo. Anda sebagai nasabah juga akan mendapatkan pemberitahuan setelah transaksi autodebet terjadi.

Manfaat Autodebet bagi Pemilik Bisnis

Setelah mengetahui apa itu autodebet, penting pula untuk Anda ketahui tentang manfaatnya. Autodebet merupakan layanan penting bagi para pelaku bisnis. Padatnya alur transaksi pada rekening pemilik bisnis bisa mengakibatkan tagihan-tagihan pembayaran menjadi kacau. Padahal, pemilik bisnis memiliki sejumlah tagihan pembayaran yang harus segera diselesaikan, seperti pembayaran pegawai, sewa gedung kantor, vendor, dan lain-lain.

Dengan menggunakan autodebet, kewajiban membayar bisa otomatis terlaksana. Selain itu, masih ada beberapa manfaat autodebet yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda.

  1. Aktivitas pembayaran keluar lebih teratur

Dengan segudang kesibukan, pemilik bisnis berisiko lupa membayar tagihan bulanannya, apalagi jika tagihan-tagihan tersebut harus dibayarkan secara manual. Akan tetapi, dengan menggunakan autodebet, nasabah jadi bisa mengatur dan menjadwalkan pembayaran, baik itu mingguan maupun bulanan.

Tidak hanya menghemat waktu karena tidak perlu datang ke bank, autodebet juga bisa diatur supaya dapat menjalankan tugas pembayaran pada bulan-bulan berikutnya. Pembayaran tagihan jadi lebih teratur dan praktis tanpa ribet menghitung kembali uang yang harus disisihkan setiap bulannya.

  1. Hemat pengeluaran

Lupa membayar tagihan bisa mengakibatkan Anda terkena biaya denda. Ini tentu menjadi pengeluaran tidak terduga yang mengurangi jumlah saldo di rekening Anda. Akan tetapi, musibah jatuh tempo tidak perlu terulang berkat adanya teknologi autodebet yang bisa melakukan pembayaran secara otomatis. Tagihan dan tabungan Anda pun dijamin aman!

Berdasarkan penjelasan di atas, terbukti bahwa apa itu autodebet bisa menjadi solusi praktis dan otomatis bagi rekening dan bisnis. Anda tidak perlu lagi ruwet mengatur pembayaran rutin pada pegawai, vendor, sampai iuran BPJS. Aktifkan autodebet melalui Xfers yang telah menjadi perusahaan fintech dengan sertifikasi ISO 27001:2013.

Xfers menawarkan payment solution bagi para pelaku bisnis, khususnya bisnis online, supaya lalu lintas pembayaran tidak hanya sebatas transfer manual saja. Berasal dari Singapura, Xfers kini mulai berekspansi di Indonesia dengan menyediakan dua produk, yakni Xfers Accept dan Xfers Send.

Cara Mengaktifkan Autodebet di Xfers

Untuk mulai mengaktifkan layanan ini, Anda perlu mendaftarkan bisnis Anda terlebih dahulu di website Xfers dan nantinya menggunakan produk Xfers Send. Xfers Send adalah salah satu produk Xfers yang menyediakan layanan payout untuk pembayaran-pembayaran dalam jumlah besar yang dilakukan ke banyak channel secara simultan. Berikut langkah-langkah pendaftarannya.

  1. Klik tombol Sign Up;
  2. Pilih Business Account;
  3. Ikuti langkah-langkah untuk mengunggah kelengkapan informasi bisnis Anda;
  4. Unggah beberapa dokumen guna memverifikasi akun Anda;
  5. Tunggu tim Xfers mengirimkan Service Agreement Letter setelah akun Anda terverifikasi. 

Proses ini memakan waktu 1-5 hari kerja sebelum akhirnya akun Anda bisa digunakan secara aktif. Meski demikian, Anda bisa mulai menguji API dengan menggunakan Sandbox dari Xfers.

Kini Anda sudah tahu tentang apa itu autodebet. Aktivitas pembayaran bersifat berkala jadi lebih mudah dan praktis berkat autodebet seperti yang disediakan Xfers. Melalui layanan Xfers Send, Anda tak akan lagi lupa membayar berbagai kewajiban bisnis seperti gaji karyawan maupun tagihan vendor. Hanya dengan beberapa langkah di atas, Anda sudah bisa melakukan autodebet untuk mendukung bisnis. Klik di sini untuk daftar Xfers Send sekarang juga!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!