Product Updates

Pahami Cara Membuat Sistem Pembayaran Online bagi Bisnis Anda

Team Xfers
November 25, 2021

Memahami cara membuat sistem pembayaran online sangat penting bagi pemilik bisnis. Pasalnya, saat ini teknologi sudah sangat berkembang. Sistem pembayaran pun tanpa disadari telah mengalami perubahan. Dari yang mulanya offline atau secara cash menggunakan uang tunai, kini bergeser menjadi online atau cashless.

Artikel kali ini akan membahas tentang sistem pembayaran online untuk bisnis, mulai dari pengertian, jenis-jenis, hingga cara pembuatannya. Simak penjelasannya hingga akhir untuk mengetahui cara membuat sistem pembayaran online bagi bisnis Anda.

Mengenal Sistem Pembayaran Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem pembayaran pun ikut berkembang. Berbagai cara dilakukan untuk menciptakan sistem pembayaran yang praktis dan aman, baik untuk konsumen maupun pelaku bisnis.

Sistem pembayaran online merupakan salah satu metode pembayaran baru yang menawarkan berbagai kemudahan. Melalui sistem pembayaran ini, konsumen tidak perlu susah-susah menyiapkan uang tunai untuk bertransaksi.

Bagi pemilik bisnis, sistem pembayaran online pun mendatangkan keuntungan tersendiri. Sebab, metode online sangat praktis dan efisien untuk diterapkan. Selain itu, pembayaran online juga lebih mudah dipantau karena memberikan laporan yang detail secara real-time sehingga memudahkan penyusunan laporan transaksi bisnis.

Jenis-jenis Pembayaran Online

Apa saja jenis pembayaran online yang berlaku di Indonesia? Saat ini, sudah ada banyak sekali jenis pembayaran online yang tersedia di tanah air, di antaranya:

  1. E-wallet

Jenis pembayaran pertama adalah e-wallet atau dompet elektronik. Sama seperti namanya, e-wallet bekerja layaknya sebuah dompet biasa. Hanya saja, “isi dompet” bukanlah uang tunai, melainkan uang digital sehingga bisa digunakan dalam transaksi jual-beli digital.

  1. Virtual Account

Virtual Account punya cara kerja yang mirip dengan nomor rekening yang diterbitkan bank. Hanya saja, sifatnya virtual dan tidak mengikat. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Untuk setiap transaksi dengan Virtual Account, bank akan memberikan nomor ID khusus. Konsumen kemudian bisa membayar melalui nomor tersebut.

  1. Debit Card

Bisa dibilang, debit card adalah bentuk pembayaran online yang paling banyak digunakan. Sebab, debit card pun sudah ada sejak lama. Untuk bertransaksi dengan debit card, konsumen cukup memasukkan informasi kartu pada platform transaksi. Sistem secara otomatis akan memotong saldo debit card sesuai nominal pembelian.

  1. Retail

Berikutnya ada pembayaran online melalui retail store. Sistem pembayaran online satu ini banyak digunakan oleh masyarakat yang belum familiar dengan model pembayaran online. Sebab, dalam pembayaran melalui retail store, konsumen bisa membayar dengan uang tunai. Konsumen cukup membayar melalui kasir toko untuk menyelesaikan transaksi.

  1. QR Code

Terakhir ada QR Code. Pada sistem pembayaran ini, konsumen cukup memindai kode khusus yang ada pada merchant. Di Indonesia sendiri sudah ada QRIS (QR Code Indonesian Standard). QRIS merupakan QR Code terstandar yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Dengan QRIS, merchant bisa menerima pembayaran dari berbagai bank dan aplikasi pembayaran online hanya dengan satu QR Code.

Cara Membuat Sistem Pembayaran Online di Xfers

Lalu, bagaimana cara membuat sistem pembayaran online untuk keperluan bisnis? Anda bisa memanfaatkan layanan dari Xfers. Melalui Xfers, Anda dapat membuat sistem pembayaran online tanpa persyaratan yang rumit.

Mulailah dengan membuka Business Account melalui website Xfers. Setelah itu, isi formulir pendaftarannya dengan informasi yang diminta. Sertakan dokumen pendukung seperti KTP untuk keperluan verifikasi data. Jika form sudah terisi lengkap dan sesuai, tekan submit. Setelah itu, Xfers akan mengirimkan Service Agreement Letter untuk ditandatangani. Proses pendaftaran akan memerlukan waktu sekitar 1-5 hari kerja.

Sistem pembayaran online menawarkan beragam kemudahan dan keuntungan baik untuk konsumen maupun pelaku usaha. Dari sisi konsumen, adanya pembayaran online membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan praktis. Sedangkan untuk pelaku usaha, pembayaran online memudahkan pelacakan transaksi jual-beli.

Bagi Anda yang ingin menerapkan sistem pembayaran online untuk website e-commerce atau online shop, Xfers menyediakan layanan Xfers Accept yang memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran online. Cara membuat sistem pembayaran online yang telah dijelaskan dalam artikel ini pun bisa Anda terapkan melalui Xfers. Yuk, klik di sini untuk mulai terima pembayaran online dengan Xfers!


Ready to get started?
Onboard your business with us today!