Product Updates

Pahami Teknologi KYC serta Manfaatnya!

Team Xfers
April 11, 2022

Meskipun jarang terdengar, KYC adalah salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam bisnis, terutama pada sistem pembayaran agar memungkinkan terjadinya transaksi yang aman. Sistem pembayaran dalam bisnis memerlukan penyelesaian KYC agar transaksi bisa berlangsung dengan aman dan lancar. Apa itu KYC dan bagaimana perannya dalam bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian KYC dan Penerapannya dalam Bisnis

KYC adalah singkatan dari Know Your Customer, yaitu cara bagi industri keuangan dalam mengenali dan mengidentifikasi customer-nya. Melalui KYC, data customer bisa diketahui, mulai dari identitas diri sampai semua transaksi yang dilakukan, sehingga jika ada aktivitas atau transaksi mencurigakan bisa segera diketahui.

Di Indonesia, penggunaan KYC memiliki landasan hukumnya sendiri, yakni dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 3-10-PBI 2001 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah. Selain itu, KYC juga disebutkan dalam UU Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Jadi, sudah jelas dan resmi bahwa KYC adalah komponen yang sangat penting dalam industri keuangan untuk memantau dan melindungi aset dan data customer perbankan. KYC sangat berguna untuk mengurangi terjadinya tindak kriminal. Bahkan, lebih utama lagi, KYC adalah cara untuk mengurangi tindakan pencucian uang dan korupsi. 

Belakangan tak hanya perbankan saja yang menerapkan KYC, mulai dari fintech, perusahaan telekomunikasi, hingga exchange instrumen investasi juga melakukannya. Adapun proses dari KYC sendiri dilakukan terhadap perorangan nasabah dan dokumen yang berhubungan dengan nasabah. 

Manfaat Know Your Customer (KYC)

Penerapan KYC dalam transaksi bisnis jelas memiliki manfaat yang sangat besar. Manfaat ini bisa dirasakan oleh customer dan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penerapan KYC dalam bisnis.

Bagi Customer

Tak hanya perusahaan yang dapat merasakan manfaat dari penerapan KYC, tapi juga customer yang akan bertransaksi langsung dengan perusahaan tersebut.

  1. Terhindar dari scam dan fraud

KYC adalah pengaman atau alat perlindungan bagi customer dari ancaman scam dan fraud meskipun customer tidak melihat efeknya secara langsung. Akan tetapi, melalui KYC, lingkungan dan aktivitas keuangan dalam transaksi bisnis dapat tercipta dengan aman dan baik.

  1. Terhindar dari pemalsuan identitas dan pencucian uang

Selain itu, KYC juga dapat menghindarkan customer dari terjadinya pemalsuan identitas. Data yang sudah tercatat melalui KYC menjadi alat untuk pengamanan customer dari pemalsuan data serta tindakan pencucian uang.

Bagi Bisnis

Jika customer terhindar dari masalah kejahatan dalam dunia perbankan, perusahaan memperoleh beberapa manfaat berikut ketika menerapkan sistem KYC.

  1. Memudahkan proses pencatatan identitas dan transaksi

Manfaat pertama bagi bisnis yang menerapkan sistem KYC adalah dapat memudahkan pencatatan identitas customer serta berbagai transaksi keuangan yang dilakukannya. Akibatnya, pencatatan identitas customer bisa lebih lengkap dan terhindar dari pemalsuan identitas.

Penting bagi bisnis untuk mengetahui sumber pendapatan serta kemampuan customer dalam bertransaksi. Dengan KYC, hal tersebut bisa dideteksi dengan detail. Pemeriksaan identitas customer bisa menjadi strategi yang baik untuk mengurangi risiko serta menghindari terjadinya transaksi ilegal.

  1. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Manfaat selanjutnya bagi bisnis atau perusahaan yang menggunakan sistem KYC adalah bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Dengan sistem KYC, pencatatan identitas customer akan semakin baik, sehingga risiko bisa dikurangi dan keamanan lebih meningkat. Dengan peningkatan keamanan tersebut, kepercayaan customer juga akan semakin meningkat.

Itulah penjelasan mengenai KYC dan pentingnya penerapan KYC bagi transaksi dalam bisnis. Setelah mengetahui hal tersebut, Anda bisa mulai menerapkan sistem KYC untuk bisnis Anda agar transaksi bisa lebih aman serta menguntungkan, baik bagi perusahaan maupun customer.

Tidak perlu khawatir, saat ini sudah ada Xfers, perusahaan fintech yang menawarkan payment solution dengan penerapan sistem KYC. Anda dapat menggunakan Xfers untuk menerapkan sistem KYC dalam bisnis. Dengan menggunakan fitur Xfers Accept, bisnis Anda bisa terima pembayaran dengan mudah dari mana pun. Untuk menggunakan Xfers, silakan klik di sini!

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai payment solution yang disediakan oleh Xfers, langsung saja kunjungi media sosial Xfers!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!