Product Updates

Simak Bagaimana Caranya Beralih ke Sistem Pembayaran Non Tunai

Team Xfers
February 23, 2022

Saat ini, pembayaran non tunai menjadi metode pembayaran yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh nilai kepraktisan dan keamanan yang ditawarkan. Selain itu, pandemi COVID-19 juga membuat orang semakin enggan untuk sering bersentuhan dengan uang tunai. Karenanya, penting bagi pelaku usaha untuk bisa menerima pembayaran non tunai pada transaksi mereka. Lalu, bagaimana cara pembayaran non tunai dapat dilakukan oleh pelaku bisnis? Baca terus artikel ini untuk penjelasan lengkapnya!

Bagaimana Cara Beralih ke Pembayaran Non Tunai bagi Bisnis? Ini 5 Caranya

  1. Koneksi internet yang stabil serta aman

Pembayaran non tunai dapat dilakukan dengan menyambungkan perangkat ke jaringan internet. Tanpa menyambungkan ke internet, transaksi pembayaran tidak akan berhasil diproses. Untuk itu, Anda perlu memiliki koneksi internet yang stabil serta aman. Jangan sampai konsumen gagal memproses pembayaran karena koneksi internet gerai Anda buruk. Hal tersebut bisa membuat pelanggan enggan datang kembali ke bisnis Anda.

Selain koneksi internet yang stabil, usahakan pula untuk tidak terhubung ke jaringan yang sifatnya publik karena dapat membahayakan data-data bisnis maupun pelanggan Anda. Ingat, saat ini kejahatan siber sedang banyak terjadi dan dapat merugikan kedua belah pihak, baik Anda maupun pelanggan.

  1. Pakai perangkat POS

Point of Sales (POS) juga dapat menjadi jawaban dari bagaimana cara pembayaran non tunai untuk bisnis. POS adalah sistem yang di-install dan diaplikasikan pada mesin kasir supaya bisa menerima pembayaran non tunai. Sistem ini terbagi menjadi dua, yakni berbasis web dan mobile. Tentu saja, POS berbasis mobile akan lebih praktis untuk digunakan.

Sebelum benar-benar menautkan sistem ini ke mesin kasir Anda, pastikan untuk melakukan riset ke beberapa penyedia sistem POS terlebih dahulu dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing merek. Pastikan juga penerapan POS memang sesuai dengan target market dan kebutuhan bisnis Anda.

  1. Sediakan fasilitas penunjang pembayaran non tunai

Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan menunjang pembayaran non tunai dengan mesin EDC yang dapat menerima pembayaran melalui QRIS. Bagaimana cara pembayaran non tunai melalui metode tersebut?

Tidak jauh berbeda dengan menyediakan sistem POS di mesin kasir, pembayaran non tunai melalui mesin EDC juga dapat Anda aplikasikan dengan mudah. Kini telah hadir penyedia mesin EDC yang bisa sekaligus mencetak setruk bukti pembayaran tanpa membutuhkan alat tambahan lagi. Transaksi pembayaran pun menjadi lebih mudah dan pelanggan akan senang dengan kepraktisan yang Anda tawarkan.

  1. Hadirkan promo menarik

Bagaimana cara pembayaran non tunai selanjutnya? Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memberikan promo-promo menarik, seperti voucher dan diskon. Konsumen Indonesia cukup senang dengan berbagai promo dan berpotensi untuk melakukan pembelian dengan jumlah lebih banyak.

Pelanggan bisa menikmati promo yang Anda tawarkan hanya jika mereka membayar menggunakan metode pembayaran non tunai. Dengan demikian, pelanggan akan semakin tertarik untuk berbelanja lebih banyak menggunakan non tunai hingga kembali ke gerai Anda. Metode ini pun akan meningkatkan angka penjualan usaha Anda.

  1. Gunakan layanan payment solution

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan layanan payment solution yang dapat menerima pembayaran dari berbagai sumber dengan sistem keamanan yang telah terjamin. Payment solution juga dapat mempermudah pencatatan keuangan Anda karena sistem akan otomatis merekam seluruh proses transaksi keuangan yang terjadi dalam periode waktu tertentu.

Namun, Anda masih bingung dalam memilih penyedia layanan payment solution? Saatnya menggunakan Xfers Accept dari Xfers! Layanan ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber hanya melalui satu rekening saja. Beberapa metode pembayaran yang dapat diterima oleh Xfers Accept adalah transfer bank, virtual account, e-Money, dan QRIS. 

Lalu, bagaimana cara menghubungkan bisnis Anda dengan beragam metode pembayaran  melalui Xfers? Anda bisa membuat akun melalui link ini. Pilih Sign Up dan klik Akun Bisnis. Ikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan pembuatan akun bisnis dan cantumkan beberapa dokumen yang diminta. Setelah itu, submit dan tunggu Tim Xfers memverifikasi akun Anda. Proses ini akan memakan waktu 1-5 hari kerja.


Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara pembayaran non tunai dapat diterapkan ke bisnis Anda. Selain berpotensi meningkatkan angka penjualan, sistem pembayaran non tunai juga dapat mempermudah pencatatan keuangan bisnis Anda. Gunakan Xfers untuk segala kemudahan pembayaran non tunai dan pencatatan keuangan bisnis Anda!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!