Product Updates

Simak Penjelasan Lengkap M-Banking dan Manfaatnya di Sini!

Team Xfers
February 15, 2022

Perkembangan zaman menuntut manusia untuk terus beradaptasi, termasuk dalam hal keuangan. Ada masanya pengiriman uang tunai hanya bisa dilakukan secara manual lewat teller bank. Kini, pengiriman uang bisa dilakukan melalui layanan m-banking menggunakan smartphone, tak hanya individu melainkan juga bisnis. Penasaran m-banking adalah layanan pembayaran yang seperti apa? Simak penjelasan berikut!

Pengertian M-Banking

M-banking adalah sarana pembayaran yang dibuat oleh suatu bank untuk mempermudah kegiatan transaksi para nasabahnya. M-banking biasanya berbentuk aplikasi mobile yang menyediakan berbagai fasilitas transaksi keuangan, mulai dari transfer, pembayaran melalui nomor unik, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lain-lain.

Untuk menggunakan layanan ini, nasabah harus terlebih dahulu mendaftar. Beberapa bank sudah memungkinkan nasabahnya untuk melakukan pendaftaran m-banking secara online, tetapi sebagian masih mewajibkan nasabahnya untuk datang dan melakukan pendaftaran secara manual di customer service.

Beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk membuat m-banking adalah rekening bank dan nomor telepon GSM yang masih aktif, serta alamat email. Setelah terdaftar, Anda akan diminta membuat username, password aplikasi, dan password transaksi (PIN).

Manfaat Menggunakan M-Banking bagi Bisnis

Selain praktis, m-banking juga memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan bagi kelangsungan bisnis Anda. Berikut beberapa di antaranya!

  1. Hemat tenaga dan biaya

M-banking adalah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk mengakses layanan perbankan di berbagai situasi dan kondisi. Hanya ada satu syarat yang harus dipenuhi, yaitu pengguna harus berada dalam jangkauan internet. Kapan lagi bisa melakukan transaksi keuangan hanya dengan duduk-duduk santai? Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk menuju ke ATM ataupun bank. Anda pun bisa memfokuskan diri pada kebutuhan bisnis lainnya karena transaksi keuangan jadi lebih hemat tenaga dan biaya.

  1. Lebih aman

Melakukan transaksi keuangan di ATM sering kali menimbulkan perasaan was-was. Kejahatan mungkin saja terjadi ketika Anda sedang berada dalam bilik ATM single sampai yang majemuk. Akan tetapi, kekhawatiran itu bisa hilang jika Anda menggunakan m-banking dan mulai bertransaksi dari mana pun Anda berada.

  1. Praktis dalam bertransaksi

Selain hemat dan aman, m-banking juga memudahkan kegiatan transaksi keuangan Anda. Tanpa alat transportasi, menghadapi kemacetan, dan mengantre, Anda tetap bisa segera menyelesaikan urusan keuangan Anda dengan menggunakan layanan m-banking. Pegawai, pemilik sewa, dan rekan bisnis Anda pun ikut tenang dan senang. Praktis, bukan?

Kekurangan M-Banking

Meskipun memiliki berbagai keunggulan, layanan m-banking tetap mempunyai beberapa kekurangan. Berikut dua kekurangan m-banking serta penjelasannya.

  1. Ada waktu tertentu untuk maintenance

Beberapa bank memberlakukan jam maintenance pada layanan m-banking. Maintenance m-banking dilakukan guna memelihara sistem dari layanan ini. Ketika m-banking sedang dalam masa maintenance, Anda tidak bisa menggunakannya hingga masa pemeliharaan tersebut berakhir.

  1. Perlu menyiapkan banyak rekening

Bagi pelaku bisnis, Anda kerap harus menyiapkan beberapa rekening untuk memudahkan proses pembayaran dari pelanggan. Hal ini menuntut Anda untuk lebih teliti dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dari berbagai rekening tersebut. Akan tetapi, hal tersebut bisa dipermudah dengan menggunakan Xfers.

Xfers menawarkan kemudahan untuk menerima pembayaran dari berbagai channel hanya melalui satu rekening. Hal ini bisa diwujudkan dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Xfers. Beragam transaksi dari pelanggan bisa Anda pantau melalui dashboard yang telah disediakan oleh pihak Xfers. Berikut langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Kunjungi website Xfers di https://www.xfers.com/
  2. Klik tombol Sign Up;
  3. Pilih Business Account;
  4. Ikuti langkah-langkah untuk mengunggah kelengkapan informasi bisnis Anda;
  5. Unggah beberapa dokumen guna memverifikasi akun Anda;
  6. Tunggu tim Xfers mengirimkan Service Agreement Letter setelah akun Anda terverifikasi, dengan total waktu proses kurang lebih 1-5 hari kerja hingga akun Xfers aktif


Jadi, m-banking adalah aplikasi mobile yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi perbankan lewat smartphone. Melalui m-banking, kini Anda bisa lebih mudah, cepat, dan praktis dalam menyelesaikan transaksi bisnis. Nah, agar tidak perlu menyiapkan m-banking dengan banyak rekening, segera hubungkan bisnis Anda dengan Xfers untuk menyediakan berbagai metode pembayaran bisnis dengan mudah!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!