Product Updates

Yuk, Ketahui 5 Cara Membuat Website E-Commerce untuk Bisnis!

Team Xfers
February 24, 2022

Menjalankan sebuah bisnis diperlukan banyak inovasi agar bisnis tersebut selalu berkembang. Berbagai cara dapat dilakukan agar sebuah brand atau merek dapat semakin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas, salah satunya adalah dengan membuat website. Selain dapat memberi citra profesional, website juga memiliki berbagai manfaat lain bagi kelangsungan sebuah bisnis, khususnya bisnis online. Sebelum mengetahui cara membuat website e-commerce, simak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis melalui pembuatan website berikut ini!

Manfaat Website bagi Bisnis Online

Website adalah salah satu cara untuk menampilkan performa terbaik dari sebuah bisnis online. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari pembuatan website, yaitu:

  1. Branding dari bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis online, penting untuk membangun citra melalui dunia maya. Website menjadi salah satu cara paling mutakhir yang dapat menunjukkan kredibilitas dari sebuah bisnis berbasis online. Sebab, tidak menutup kemungkinan, pemilik bisnis online belum memiliki toko fisik yang dapat dikunjungi oleh masyarakat sehingga website menjadi satu-satunya jalan untuk membagikan informasi soal bisnis yang dijalankan.

  1. Memudahkan pelayanan bisnis

Website yang dimiliki sebuah bisnis online harus mencakup seluruh informasi terkait merek tersebut. Mulai dari sejarah perusahaan, pusat perbelanjaan online di mana pelanggan bisa langsung berbelanja di bisnis Anda melalui website, hingga layanan chat bagi pelanggan. Semuanya tersedia dalam satu alamat website sehingga hal ini sangat memudahkan pelayanan bisnis.

  1. Pengenalan produk lebih jelas

Melalui website, pelanggan dapat langsung melihat seluruh produk yang disediakan oleh bisnis tersebut. Dengan demikian, pelanggan bisa lebih leluasa mengeksplorasi produk yang dibutuhkan sebelum akhirnya berlanjut pada tahap pemesanan dan pembayaran.

  1. Memperluas jangkauan pelanggan

Penggunaan website dapat memperluas jangkauan pelanggan, karena targetnya tidak terbatas pada pengguna di wilayah tertentu saja. Pelanggan di seluruh penjuru dunia dapat mengakses website bisnis Anda, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan jangkauan pelanggan Anda. Artinya, peluang untuk mendapat penjualan juga semakin tinggi, bukan?

  1. Meningkatkan penjualan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, website dapat memuat seluruh informasi dan produk yang dijual suatu perusahaan atau bisnis. Dengan demikian, pelanggan yang awalnya hanya membutuhkan satu produk bisa ikut tergiur ketika melihat produk lain yang ditampilkan. Penjualan bisnis pun secara otomatis akan ikut meningkat.

Cara Membuat Website E-Commerce bagi Bisnis Online

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari website, ketahui pula cara membuat website e-commerce agar usaha Anda semakin berkembang. Berikut kami rangkum cara-cara membuat website e-commerce!

  1. Sambungkan website dengan platform e-commerce

Ketika akan membuat website, pasti Anda ingin menjajakan produk Anda agar pelanggan bisa lebih mudah mengaksesnya, bukan? Nah, salah satu cara dalam melakukan hal tersebut adalah dengan menghubungkan website dengan platform e-commerce yang tersedia di pasaran. Platform e-commerce ini bisa membantu Anda dalam menyusun website bisnis sedemikian rupa sehingga menyerupai website bisnis online yang sesungguhnya, berbeda dengan website biasa.

Selain itu, apabila bisnis Anda sudah memiliki toko di sederet marketplace besar, Anda juga bisa dengan mudah menyambungkan toko di marketplace tersebut dengan website Anda. Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah beralih dari website ke platform e-commerce tanpa perlu keluar dari web browser.

  1. Siapkan desain tampilan yang menarik

Pastikan tampilan website menarik dan enak untuk dilihat melalui berbagai platform, baik desktop maupun smartphone. Setelah menyiapkan website yang desktop dan mobile friendly, sesuaikan desain website dengan memilih palette warna dan font yang melambangkan merek Anda. Penampilan website yang sederhana akan lebih memudahkan pelanggan untuk menyerap informasi mengenai bisnis dan produk yang Anda jual.

  1. Pastikan website mudah terdeteksi dan terlacak

Tak hanya menampilkan desain yang menarik, sebuah website yang baik juga harus mudah terlacak dan terdeteksi oleh Google. Bagaimana caranya? Optimalkan penggunaan Search Engine Optimization (SEO) pada meta tags dan berikan deskripsi yang jelas mengenai sebuah produk. Selain itu, Anda juga dapat berkolaborasi dengan pengembang website pihak ketiga untuk mengulas produk dan menautkan ke website Anda.

  1. Lengkapi dengan konten

Cara membuat website e-commerce yang berikutnya adalah dengan menyediakan konten yang menarik. Konten tersebut dapat berupa blog atau konten media sosial yang ditautkan ke website. Pembuatan blog akan membuat website Anda lebih kaya karena dapat memberikan info-info menarik seputar produk yang Anda ciptakan. Cara ini juga bisa mendukung website bisnis agar lebih mudah terdeteksi dan terlacak.

  1. Sediakan komponen yang lengkap

Tahap terakhir adalah sediakan komponen yang lengkap dalam sebuah website. Pelanggan akan senang jika Anda menyediakan fitur shopping bag, kolom pengisian kupon atau voucher, dan metode pembayaran yang lengkap. Tak hanya bisa mendapatkan informasi seputar produk, pelanggan jadi bisa langsung check out produk dari website yang Anda buat.


Nah, cara membuat website e-commerce di atas dapat Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Pastikan pada website tersebut, Anda menyediakan metode pembayaran yang praktis dengan mengaktifkan layanan payment solution dari Xfers pada bisnis Anda. Jika sudah terhubung, pelanggan Anda bisa membayar melalui berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, virtual account, QRIS, dan lain-lain. Yuk, daftarkan bisnis Anda di Xfers sekarang juga!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!