Product Updates

Yuk, Ketahui Apa Itu Disbursement dan Manfaatnya Bagi Bisnis

January 12, 2022

Bagi Anda yang bukan berlatar belakang keuangan atau akuntansi, mungkin masih asing dengan istilah disbursement. Sebenarnya, istilah ini juga berbeda artinya antara di kamus dan sesuai penggunaannya pada aktivitas keuangan. Lantas, apa itu disbursement? Dan bagaimana manfaatnya untuk pelaku bisnis seperti Anda? Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Disbursement?

Berdasarkan kamus, disbursement memiliki arti pembayaran atau pengeluaran. Akan tetapi seiring penggunaannya, disbursement memiliki dua arti tergantung konteks yang dimiliki. Dalam perbankan, disbursement berarti pembayaran langsung atau tunai dalam suatu transaksi. Sementara itu dalam bisnis, arti disbursement adalah pencairan dana yang dilakukan oleh perusahaan dari suatu rekening atau dana lain.


Sederhananya, bisnis menggunakan disbursement untuk melakukan pendistribusian dana ke luar, bisa untuk pembayaran ke vendor, pembayaran sewa, hingga penggajian karyawan, lho! Bahkan, di era kemajuan teknologi ini, bisnis sudah bisa melakukan disbursement secara cepat dan mudah dengan bantuan Application Programming Interface (API). 


Penggunaan API disbursement oleh para pelaku bisnis sangat efisien, karena dapat memudahkan aktivitas pembayaran ke banyak rekening tujuan. Pelaku bisnis juga bisa memantau daftar pengeluaran bisnis sambil mengecek pembukuan melalui tampilan dashboard. Jadi, sudah tidak perlu repot lagi menggunakan transfer bank manual untuk pembayaran dalam jumlah besar dan banyak.


Manfaat Sistem Disbursement bagi Pemilik Bisnis

Kemudahan proses pengeluaran dan pembayaran memang penting. Oleh sebab itu, kita butuh sebuah alat atau media yang mampu memudahkan proses tersebut, tentunya yang telah dilengkapi dengan teknologi. Salah satunya adalah dengan menggunakan disbursement sebagai solusi yang mudah dan cepat. Lalu, apa saja, sih, manfaat disbursement bagi bisnis Anda?

  1. Tak Perlu Memiliki Banyak Rekening Bank

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak sekali bank, mulai dari BUMN maupun swasta. Setiap pembeli juga mungkin memiliki bank yang berbeda dengan bisnis Anda. Transfer antar bank juga dikenakan biaya administrasi sehingga kurang ekonomis. Memiliki banyak rekening di setiap bank juga bukan solusi karena ada biaya administrasi setiap bulannya.


Maka dari itu, disbursement bisa menjadi pilihan karena dapat memudahkan dan juga mengurangi biaya tambahan akibat transfer antar bank, sekaligus melakukan transaksi ke banyak rekening bank. 

  1. Mempermudah Pembukuan (Rekapitulasi)

Manfaat berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan pembukuan bisnis. Bayangkan dalam satu hari Anda harus melakukan berbagai transaksi, pembayaran dari pembeli, pembayaran ke logistik, vendor, sampai dengan gaji karyawan. Melakukan pembukuan secara manual akan memakan waktu. Apalagi jika ada selisih penghitungan atau kehilangan bukti pembayaran. 


Oleh sebab itu, Anda membutuhkan sistem disbursement yang efektif, aman, dan transparan, sehingga Anda hanya perlu memantau lewat dashboard saja. Pembukuan juga biasanya akan dilakukan secara otomatis tiap kali terjadi pemasukan atau pengeluaran. Jangan sibukkan diri Anda dengan tumpukan struk dan faktur di atas meja.

  1. Mendukung Monitoring dan Controlling Transaksi Keuangan

Anda sebagai pemilik bisnis juga perlu memonitor kondisi keuangan perusahaan dengan mengecek pembukuan yang dilakukan oleh karyawan. Dengan menggunakan sistem digital, Anda bisa langsung melihat rekam jejak pembayaran dan kebutuhan mana yang bisa dipangkas atau ditekan apabila ingin melakukan upsizing bisnis.

  1. Meningkatkan Keamanan Pembayaran 

Masih berhubungan dengan supervisi, menggunakan sistem digital juga membuat semua data terpampang dengan jelas dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Oleh karena itu, perusahaan Anda juga terhindar dari pencurian uang, misalnya korupsi. Selain itu, penggunaan disbursement juga akan memudahkan divisi keuangan untuk diaudit.

  1. Meningkatkan Pelayanan terhadap Konsumen

Disbursement juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama akibat transfer yang dilakukan secara manual. Bahkan tidak hanya menggunakan transfer bank, konsumen juga bebas melakukan pembayaran dari e-wallet apa pun yang mereka miliki atau menggunakan kartu kredit.


Nah, dari banyaknya manfaat disbursement di atas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan disbursement via Xfers. Karena, Xfers selaku penyedia layanan payment solution dapat menjangkau lebih dari 100 bank di Indonesia, sehingga Anda tidak perlu repot dalam melakukan pembayaran apalagi ke banyak tujuan. Yuk, beralih ke sistem digital untuk memudahkan transaksi bisnis Anda bersama Xfers!

Ready to get started?
Onboard your business with us today!