Product Updates

Yuk Ketahui Manfaat Payment Link bagi Bisnis Anda

Team Xfers
February 14, 2022

Sudah pernah mendengar tentang payment link? Makin hari, bisnis online makin banyak jumlahnya. Pertumbuhan bisnis online ini ternyata juga diikuti dengan pertumbuhan metode pembayaran. Jika dahulu pembayaran hanya mengandalkan transfer bank konvensional, kini metode pembayaran semakin beragam.

Nah, salah satu inovasi dalam hal metode pembayaran adalah hadirnya payment link yang sudah disebutkan di awal. Tertarik untuk mulai menerapkan metode ini pada usaha Anda, namun belum terlalu mengenalnya? Tidak perlu khawatir, di sini Anda bisa mempelajari tentang payment link, mulai dari pengertian hingga cara membuatnya!

Pengertian Payment Link

Sama seperti namanya, payment link berarti sebuah link atau tautan. Bedanya dengan tautan biasa, payment link akan membawa user untuk mengakses laman pembayaran milik penjual. Payment link sangat mudah diakses sebab pembeli tidak perlu melakukan log in akun atau memasukkan data khusus untuk melakukan pembayaran. Beberapa payment link bahkan bisa dihubungkan dengan media sosial sehingga mudah ditemukan oleh pembeli yang akan membayar.

Bagi pelaku bisnis, payment link juga memiliki keuntungan tersendiri. Ini karena metode pembayaran tersebut terhubung dengan sebuah sistem khusus yang menyimpan data transaksi secara otomatis. Kemudian data transaksi tersebut bisa dijadikan invoice yang mudah dilacak.

Manfaat Payment Link

Payment link memiliki banyak sekali keuntungan, baik untuk pihak penjual maupun pembeli. Poin-poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa keuntungan payment link.

  1. Cepat dan praktis

Manfaat yang bisa langsung dirasakan dari penggunaan payment link adalah kecepatan dan kepraktisannya. Membayar melalui metode ini tidak mengharuskan Anda log in pada sistem sehingga bisa menghemat banyak waktu. Anda cukup memasukkan data penting seperti nama pengirim dana dan jumlah dana yang ditransfer.

  1. Menerima segala jenis pembayaran

Tiap pembeli pasti memiliki preferensi masing-masing dalam memilih metode transfer. Ada yang lebih suka transfer lewat internet banking, ada juga yang nyaman dengan pembayaran lewat e-wallet. Nah, adanya payment link bisa menjadi solusi. 

Sebab, dengan payment link, pembeli bisa leluasa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Jenis pembayaran yang diterima payment link pun sangat variatif, mulai dari transfer bank konvensional hingga pembayaran dengan saldo e-wallet.

  1. Aman

Pembayaran dengan payment link juga relatif lebih aman. Baik pembeli maupun penjual akan langsung menerima notifikasi saat pembayaran berhasil. Bukan hanya itu, metode ini juga terintegrasi dengan sistem yang memastikan keamanan data pelanggan.

Daftarkan Bisnis Anda di Xfers

Berminat untuk mulai menerapkan payment link sebagai metode pembayaran pada bisnis Anda? Caranya mudah, Xfers siap membantu Anda! Apa itu Xfers? Xfers merupakan sebuah penyedia layanan payment solution di Indonesia. Dengan fitur Accept dan Send, Xfers bisa digunakan untuk menerima sekaligus mengirim uang dengan mudah dari berbagai metode pembayaran maupun mengirim uang ke rekening yang berbeda.

Nah, untuk mulai menggunakan layanan Xfers, lakukan pendaftaran bisnis Anda terlebih dulu. Prosesnya cepat dan tidak berbelit-belit, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka website Xfers di https://www.xfers.com. Pada halaman utama, klik Sign Up yang ada pada bagian pojok kanan atas.
  2. Anda akan langsung diarahkan ke halaman pendaftaran Xfers Business Account.
  3. Isi informasi yang diminta seperti nama dan alamat email.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk memperbarui profil bisnis Anda sekaligus mengunggah dokumen persyaratan.
  5. Jika semua syarat sudah dipenuhi, sistem akan melakukan verifikasi.
  6. Tunggu beberapa saat hingga tim Xfers mengirimkan Service Agreement Letter.
  7. Cermati baik-baik Service Agreement Letter tersebut. Apabila Anda menemukan kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi customer service Xfers, ya.
  8. Bubuhkan tanda tangan digital Anda pada Service Agreement Letter dan kirim kembali.

Setelah semua berkas diterima sistem, akun bisnis Anda bisa langsung melakukan pengaturan dan memilih fitur yang ingin digunakan.

Jika disimpulkan, payment link sebenarnya merupakan sebuah cara untuk mempermudah proses pembayaran transaksi jual-beli online. Bagi pembeli, adanya payment link akan sangat menghemat waktu. Sedangkan bagi penjual, payment link bisa membantu pembuatan invoice sekaligus pelacakan transaksi penjualan. Apalagi jika menggunakan payment link lewat Xfers, menerima dan mengirim uang untuk keperluan bisnis jadi lebih mudah dilakukan. Yuk, daftarkan bisnis Anda di Xfers sekarang juga!


Ready to get started?
Onboard your business with us today!